Catat… Obor Asian Games Tiba di Palembang 4 Agustus

Ilustrasi.

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumsel telah mempersiapkan sejumlah acara untuk menyambut obor Asian Games 2018 yang rencananya akan tiba di Palembang, 4 Agustus mendatang. Mulai dari Festival Kebudayaan hingga aksi 58 penerjun yang membawa obor ke Stadion Jakabaring Palembang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumsel, Ahmad Yusuf Wibowo mengatakan api Asian Games akan dibawa dari New Delhi, India dimana sebagai tempat pertama kali digelarnya perhelatan olahraga se-Asia tersebut. Api abadi yang diambil dari India akan dikawinkan dengan api abadi yang berada di Mrapen, Purwodadi Provinsi Jawa Tengah.

Selanjutnya, api akan diarak ke 40 kabupaten/kota yang tersebar di 10 provinsi di Indonesia. “Perjalanan api Asian Games ini akan menempuh sepanjang 18 ribu kilometer. Di Sumsel sendiri, api nantinya akan diarak ke 5 kabupaten/kota diantaranya, kabupaten OKI, OI, Banyuasin, Musi Banyuasin dan Palembang,” ujarnya.

Tiba di Palembang, obor akan dibawa ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II untuk dibawa menggunakan pesawat. Titik koordinat penerjunan sampai ke Stadion Jakabaring Palembang. Sebanyak 58 penerjun yang akan dilibatkan membawa obor serta 45 bendera peserta Asian Games. Selanjutnya, api dibawa lari oleh para atlet dan selebritis melewati ikon-ikon penting di kota Palembang.

Baca Juga :  Penuhi Undangan Golkar, Harno Sampaikan Hasil Survei

“Selanjutnya, api dibawa ke Pulau Kemaro. Lalu di sana akan ada River Festival dimana akan ada banyak perahu naga yang akan mengiringi obor hingga tiba di Benteng Kuto Besak. Dari Palembang, api akan diarak menggunakan kendaraan hingga ke perbatasan Lampung untuk selanjutnya dibawa ke sejumlah daerah di Banten, Jawa Barat dan berakhir di Istana Negara,” katanya.

Dijelaskan Yusuf, artis yang akan mengikuti perjalanan api abadi Asian Games yakni Iko Uwais dan Hana Alrasid dimana keduanya memiliki latar belakang atlit beladiri. “Acara ini juga bakal diliput oleh 45 official broadcaster negara peserta. Sehingga menjadi ajang yang tepat untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia, khususnya Sumsel,” bebernya.

Masih kata Yusuf, bentuk obor telah didesain unik menyerupai gabungan senjata khas dua daerah penyelenggaran Asian Games. Dimana Jakarta memiliki golok sementara Palembang memiliki skin. “Penggabungan kedua warisan budaya ini menjadi pengobar semangat kedua daerah untuk mensukseskan gelaran Asian Games,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda, Dra Hj Dwiyani Dharma Putri Msi mengatakan pengarakan obor Asian Games selain diramaikan oleh sejumlah artis, atlet serta komunitas olahraga dan kendaraan, juga akan dimeriahkan oleh ribuan pelajar di 5 kabupaten/kota yang akan dilewati.

Baca Juga :  Buka DBL, Alex Todong Honda

“Pelajar akan dikerahkan untuk menyambut obor yang dibawa oleh Torch Bearer. Sehingga akan ada pengerahan massa dari pemerintah daerah setempat,” terangnya.

Diungkapkan Dwiyani, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk melaksanakan sejumlah acara kebudayaan saat penyambutan obor. “Konsepnya penampilan budaya masyarakat setempat. Sehingga ini sebagai ajang promosi bagi daerah yang dilewati,” pungkasnya. (kos/ion)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!