Cetak Akte Lahir Bisa Di Rumah

Ilustrasi

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan kebijakan yang memudahkan dalam pengurusan akte kelahiran. Selama ini, pengurusan akte lahir harus mendatangi kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat. Namun kedepan pengurusan akte lahir bisa dilakukan masyarakat dari rumah.

“Dukcapil sudah melakukan inovasi terbaru. Mulai bulan Juli ini masyarakat sudah bisa mengurus akte kelahiran secara online,” jelas Dirjen Dukcapil Zudan Fakrulloh usai Rapat evaluasi pilkada serentak Tahun 2018 di Komisi II DPR RI, Jakarta.

Meski memudahkan, menurut Zudan bukan berarti penerbitan akte kelahiran secara online dilakukan asal saja. Masyarakat haruslah melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan dalam peraturan.

“Dengan cara memenuhi pedoman atau manual pembuatan akte. Nanti syarat-syaratnya di upload saja,” jelasnya.

Setelah memenuhi persyaratan, lalu admin akan memberikan salinan yang selanjutnya masyarakat bisa mencetak sendiri di rumah. Ia menekankan tidak ada perbedaan yang signifikan untuk akte yang dicetak diri rumah sendiri, dengan yang dicetak di kantor Dukcapil.

“Kekuatan hukum akte yang dicetak di kantor Dukcapil dengan yang dirumah sama saja bentuknya sama persis ,” lanjut Zudan. (ran)

Baca selengkapnya di harian Sumatera Ekspres Rabu (11/7)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!