Cipta Talenta International Standard School

WISUDA: Para siswa Kindergarten 2 TK Cipta Talenta Palembang menggelar acara wisuda, akhir pekan lalu (9/6). Foto: Kholid/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Taman Kanak-Kanak (TK) Cipta Talenta Palembang konsisten menjadi sekolah berstandar internasional. Mereka telah menerapkan sistem student centered learning atau proses pembelajaran berpusat padan anak/siswa. Juga menggunakan pendekatan active learning.
Principal Cipta Talenta Palembang, Dwi Aka Kavorina SPd mengatakan, dalam proses belajar mengajar, telah menggunakan bahasa Inggris 100 persen. “Sehingga anak-anak setelah selesai belajar di sini (Cipta Talenta), sudah mampu berbahasa Inggris dengan lancar,” kata Dwi yang didampingi Vice Principal Cipta Talenta, Desvita Purti SPd, di sela acara wisuda kindergarten 2 di Sekolah Cipta Talenta, kemarin (9/6).
Diakui Dwi, tidak hanya fokus pada bahasa Inggris, tapi pihaknya juga memberikan pembelajaran keterampilan lain, seperti menbaca dan menghitung. Cipta Talenta dalam proses belajar mengajar tidak hanya melalui teks book, tetapi juga event, baik di sekolah maupun luar sekolah. “Dalam 1 bulan, 2 sampai 3 kali mengadakan kegiatan yang membuat anak lebih aktif, bermain, dan berkomunikasi,” katanya.
Pada acara wisuda atau graduation day kindergarten 2 tersebut, melepas sebanyak 16 anak yang telah menyelesaikan masa belajar selama 1 tahun atau 2 semester. “Ini adalah graduation day wisuda ke-9 kami,” ujarnya.
Sebenarnya, kata Dwi, sekolahnya memiliki 4 level sesuai tingkatan umur anak, yakni level toddler umur 1,5-2,5 tahun, preschool umur 2,5-4 tahun, kindergarten 1 umur 4-5 tahun, dan kindergarten 2 umur 5-6 tahun. “Yang wisuda hari ini (Sabtu, red) adalah kindergarten 2, merupakan level tertinggi yang siap melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah dasar (SD),” tuturnya.
Namun, ada yang menarik dari acara graduation day tersebut, yakni semua capaian IQ siswa ditunjukkan dalam student performance berupa musical drama, membaca puisi, dan bernyanyi. Kegiatan itu juga menjadi lebih meriah saat siswa Kindergarten 1 turut menampilakan kemampuan mereka bernyanyi dan menari. (cj17/nan/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!