Darurat, Darurat !! 112 ….!!!

Ilustrasi.

Kalau kalian sering nonton film-film barat bergenre action pasti nggak pernah asing lagi dong dengan “Emergency Call” ketika para actor pemain film situasinya lagi terdesak, waduh!. Ternyata ini tidak terjadi di film-film saja loh, di Indonesia juga ada kok Emergency Call, keren! Penasaran ? Let’s See…

Yaps, banyak negara belahan dunia jaringan telepon umum diaktifkan memiliki nomor telepon darurat (sometimes dikenal sebagai nomor darurat universal/nomor layanan darurat) that allows a caller buat ngehubungin layanan darurat setempat buat mendapatkan darurat. In fact, setiap Emergency Call ini berbeda-beda di seluruh negara, lho. Bisa kalian bedakan dengan melihat tiga angka digit terakhir. Kenapa hanya tiga digit? karena dengan hanya tiga digit itulah orang kita lebih mudah mengingatnya karena simple and quick. Do you ever know,di United Stated,Canada,Mexico,Costa Rica,EL Salvador dan Paraguay dan di antara negara lainnya menggunakan 911 sebagai Emergency Call nya. Sedangkan di Indonesia menggunakan 112 sebagai Emergency Call nya, Wah..

Well,Emergency Call bisa kalian hubungi disaat kondisi seseorang sedang darurat. Dalam kondisi seseorang mengalami musibah kecelakaan, kebakaran, tindakan kriminal bahkan kejadian darurat lainnya, terbantu bangetkan. Ini juga terbantu ketika kalian meminta bantuan meskipun tempat tinggal mereka jauh dari pusat kota, keren banget kan!.

Baca Juga :  Wow... Sumsel Peringkat 4 Pungli

FYI, call center 112 tidak memerlukan pulsa lho. Dulunya untuk panggilan darurat banyak jenisnya sesuai dengan bidangnya seperti, nomor darurat 110 untuk pihak kepolisian, 118 atau 119 untuk Ambulans, 115 untuk Basarnas, 113 untuk pemadam kebakaran, 129 Posko Bencana Alam, dan 123 untuk PLN. Tapi sekarang ga perlu repot lagi buat ingetin satu-satu nomor yang diatas tadi, kalau keadaan darurat cukup kalian ingat 112 dan bantuan yang kalian inginkan akan tersampaikan, gampang kan?

Kabid Humas Polda Sumatera Selatan AKBP Slamet Widodo, mengatakan “Call center 112 merupakan nomor tunggal layanan bagi masyarakat Indonesia khususnya untuk pengaduan yang bersifat darurat, setiap panggilan darurat ditangani oleh satuan kerja terdekat dengan kejadian dan diterima langsung oleh anggota kepolisian agat dapat segera ditangani. Artinya, mau itu kejadian kecelakaan, tindakan kriminal atau kejadian lainnya kita tinggal hubungi ke nomor 112. Panggilan 112 itu sendiri digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian Dalam Negeri yang akan menggabungkan nomor panggilan darurat yang sudah ada sebelumnya, seperti layanan kepolisian 110, ambulans 118, dan pemadam kebakaran 113,” ujar Slamet Widodo

So, Generasi Z nggak usah kudu bingung-bingung lagi deh buat mencari bantuan terdekat. Solusinya, bisa hubungin 112, kondisi darurat pun teratasi, Yeay! (PWY/JRH/FRL)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!