Di Blitar, Peserta Kirab Pemuda Diminta Teladani Bung Karno

Acara puncak Kirab Pemuda di Bumi Peristirahatan Sang Proklamator Soekarno di Bendogerit, Kota Blitar, pada 5-8 Desember. Foto: Kumaidi/Sumatera Ekspres

BLITAR – Kirab Pemuda sudah memasuki fase akhir sejak dieksekusi pada 26 September silam. Salah satu program andalan Kemenpora yang langsung bersentuhan dengan masyarakat ini mencapai acara puncak di Blitar. Acara puncak dilaksanakan di Bumi Peristirahatan Sang Proklamator Soekarno di Bendogerit, Kota Blitar, pada 5-8 Desember.

Kepala Bidang Kreatifitas Pemuda Kemenpora Chairil Adha menjelaskan, 72 pemuda/pemudi Indonesia ini telah keliling di 100 lebih kota/kabupaten seluruh Indonesia dari 34 provinsi. Selama di setiap kota/kabupaten, mereka belajar keanekaragaman budaya yang dimiliki Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kota dan Kabupaten Blitar dipilih sebagai tempat memungkasi kegiatan yang diorientasikan
sebagai pemersatu pemuda seluruh Indonesia karena di sinilah tempat beristirahatnya sang Proklamator Soekarno.

“Ini program Pak Menpora. Para pemuda ini keliling 100 lebih kota dan kabupaten selama 72 hari untuk menghayati dan melihat betapa ragamnya budaya kita. Kita berada di sini, di makam Bung Karno, supaya kita bisa meneladani tekad Bapak Bangsa karena kita berharap para pemuda ini menjadi solusi di saat kita membutuhkan pemimpin di masa mendatang,” terang Adha dalam sambutannya di pelataran depan gerbang Makam Bung Karno Selasa (5/12).

Adha menjelaskan, kegiatan ini akan dipoles lebih mewah tahun depan. Terutama terkait tempat yang disinggahi. Rencananya ada 514 kota/kabupaten.

Baca Juga :  Bhinneka Tunggal Ika Harus Jadi Nafas Kegiatan Pemuda

“Ini sebagai upaya melekatkan jiwa nasionalisme para pemuda akan Indonesia. Mereka jadi lebih tahu potret keberagaman seluruh Indonesia dan tidak hanya melihat di daerah sendiri,” tukasnya. (kmd)

Baca selengkapnya di harian Sumatera Ekspres Rabu (6/12). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!