Dilarang Beroperasional 25 Hari

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang memastikan bus kota selama Asian Games, pada 18 Agustus-2 September, dilarang beroperasional. Pemkot pun sudah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 276.2/001253/Dishub/2018 yang ditujukan kepada pengusaha/pemilik/penggemudi bus kota.
Surat itu perihal larangan operasional bus kota terhitung kemarin (10/8) hingga 5 September mendatang. Surat ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Kota palembang, Harobin Mastofa. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Kurniawan mengatakan, pihaknya mengaku sudah sosialisasi ke pengusaha dan pemilik bus untuk tidak memoperasional bus kota selama Asian Games.
“Surat edaran sudah kita kirim. Ini tindak lanjut dari arahan Gubenur Sumsel,” terangnya, kemarin (10/8). Sebagai tuan rumah Asian Games, Dishub sesuai penugasannya wajib memberikan transportasi bertaraf internasional. Salah satunya pihaknya menawarkan masyarakat naik Trans Musi.
“Kami juga menawarkan solusi kepada pengusaha bus kota untuk menyiapkan bus dengan fasilitas yang sama dengan bus Transmusi misalnya ruangannya harus ber-AC,” terang dia. Unit bus juga tak boleh yang telah direkondisi maupun direnovasi. Namun sejauh ini belum ada pengajuan untuk penyediaan bus baru.
Sejauh ini, bus kota di Palembang memang sudah tidak banyak lagi. “Untuk yang masih mengantongi izin trayek ada sekitar 20 bus kota. Bus yang tersisa ini masih memiliki izin trayek hingga November mendatang,” tandasnya. (cj10/fad/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!