Disdukcapil Gaungkan GISA

PAGARALAM – Pelayanan intens yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pagaralam, terus digencarkan. Hal ini sebagai wujud mensukseskan program Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) yang diprogramkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Diakui Kepala Disdukcapil Kota Pagaralam, Drs Bhakti N MSi, untuk pelayanan administrasi terus dilakukan bersamaan dengan helatan pesta demoktasi termasuk di Pagaralam sendiri sejalan dengan program GISA dari Mendagri.

“Sejauh ini pelayanan adminstrasi kependudukan terus kita optimalkan di loket pelayanan, baik itu perekaman, cetak KTP-el, KK, dokumen akta kelahiran, dan kematian. Bahkan jemput bola ke masyarakat,” ujar dia seraya menambahkan gencarnya pelayanan ini sebagai upaya percepatan kepemilikan dokumen kependudukan bagi masyarakat Pagaralam.

Mengenai program GISA sebutnya, mencakup sadar kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemutakhiran data kependudukan, sadar pemanfaatan data kependudukan, dan sadar melayani administrasi kependudukan.

Sebelumnya ditambahkan, Kabid Pendaftaran Penduduk, Surono SE, sosialisasi bahkan terus dilakukan dan berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan RT RW terkait jadwal pelaksanaan pelayanan jemput bola.

“Jemput bola yang dilakukan, petugas siap melayani pelayanan perekaman data KTP-el, pembuatan akta kelahiran, kematian,” katanya.

Mengenai syarat pelayanan sendiri, lanjut Surono, semisal perekaman data KTP-el, pemohon atau yang bersangkutan membawa foto copy Kartu Keluarga (KK). Pendaftaran pembuatan akte kelahiran membawa surat keterangan lahir dari dokter/ bidan atau dari kelurahan, foto copy akta nikah, foto copy KK, foto copy KTP orang tua, ijazah untuk anak yang sudah tamat SD. Pendaftaran pembuatan akta kematian membawa KK asli dan surat keterangan meninggal dari kelurahan.

Baca Juga :  Jemput Bola, Ribuan Masyarakat Terlayani

“Petugas juga melayani jika KTP-el rusak cukup membawa foto copy KK dan KTP-el yang bersangkutan. Apabila KTP-el hilang membawa foto copy KK dan surat keterangan kehilangan dari kepolisian,” pungkasnya. (ald)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!