Diupah Rp 10 Juta

SIDANG: Terdakwa saat mendengarkan tuntutan di PN Palembang, Selasa (23/1). Foto: Adi/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Tergiur dengan upah yang ditawarkan untuk mengirimkan sabu-sabu seberat 984,77 gram sebesar Rp 10 juta, membuat terdakwa, Riko Saputra (23), warga Desa Sukajadi, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Muara Kuang, Kabupaten Ogan Ilir harus menghabiskan sebagian hidupnya di balik jeruji besi.

Pasalnya, atas tindakan tersebut, dirinya oleh jaksa penuntut umum (JPU), Ogana Tarika SH dituntut dengan pidana penjara selama 18 tahun dan denda Rp 1 miliar subsider setahun. Apalagi dari semua fakta yang ada, terdakwa terbukti melakukan tindakannya tersebut. Bahkan barang bukti sabu juga diketemukan di dalam motor milik terdakwa.

“ Tindakan terdakwa ini telah terbukti secara sah dan meyakinkan menjadi pengedar dan kurir sabu-sabu sebagaimaa yang diatur dalam pasal 114 ayat 2 UU No 35 tahun 2009 tentang narkotika,” kata Ogana, saat membacakan tuntutan terhadap terdakwa di Pengadilan Negeri (PN) Palembang, Selasa (23/1).

Dijelaskannya, yang memberatkan, terdakwa ini sudah meresahkan masyarakat dan tidak mendukung program pemerintah dalam upaya memberantas peredaran narkotika. Yang meringankan, terdakwa mengakui semua perbuatannya dan menyesalinya.

“ Terdakwa juga berjanji tidak akan mengulanginya lagi di kemudian hari,” ulasnya. (afi)

Baca selengkapnya di harian Sumatera Ekspres Rabu (24/1). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!