Dua Cabup Petahana ini Berebut Dukungan PPP

Calon kepala daerah Kabupaten Merangin. foto: faizarman jambi ekspres

MERANGIN – Suhu politik Pilkada Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, semakin meningkat. Dua calon bupati petahana Alharis dan Syukur yang sama-sama mencalonkan diri berebut dukungan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Persaingan kental terasa antara keduanya saat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di kantor DPW PPP Provinsi Jambi, Jumat (3/11) kemarin.

Alharis mengambil jadwal lebih awal dan Syukur memilh waktu PPP paling akhir.

Berbeda dengan Salam dan Mashuri yang hadir pada waktu hampir bersamaan. Keduanya terlibat pembicaraan hangat dan melebur ketika Alharis menyelesaikan tahapan uji kelayakan dan kepatutan.

Alharis mengaku optimis bisa mendapatkan dukungan partai berlambang Kakbah. Menurutnya, semua tahapan penjaringan sudah dilalui termasuk uji kelayakan dan kepatutan.

“Harapan saya bisa bersama PPP. Tentunya mendapatkan dukungan, yang jelas saya optimis,” ujarnya.

Alharis mengatakan, komunikasi politik terus dilakukannya untuk memuluskan langkah kembali bertarung di Merangin. Salah satunya adalah PPP yang memiliki tiga kursi di parlemen.

“Komunikasi kita terjalin baik. Begitu juga dengan Parpol lain, mudah-mudahan Insyaallah,” katanya.
Alharis juga menjelaskan, jika dirinya sudah menyampaikan visi terus membangun Merangin. Dengan visi dirinya berharap agar PPP bisa memiliki kesamaan pandangan.

Baca Juga :  Wong Plembang Harus Kompak Usung Satu Cawako

“Sekarang kita percayakan pada PPP. Tadi saya sudah sampaikan visi untuk membangun Merangin,” ucapnya.

Sedangkan Syukur juga tampak percaya diri bisa mengantongi dukungan PPP. Apalagi dirinya telah menyampaikan visi dihadapan pengurus DPP PPP. “Insyaallah, yang jelas prosesnya sudah kita ikuti,” katanya.

Selanjutnya, Syukur menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada PPP untuk menentukan dukungan. Ia yakin PPP bisa memilih kandidat yang terbaik dan diberikan amanah di Merangin.

“Ada yang tidak kita perhatikan selama. Kalau di Merangin salah satunya adalah SDM, ini yang menjadi visi kita kedepan,” ucapnya.

Tidak jauh berbeda, Salam juga menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada PPP. Dirinya menyakini PPP bisa memilih kandidat terbaik untuk membangun Merangin. “Tunggu saja keputusannya. Sekarang kita percayakan kepada PPP,” jelasnya.

Salam menegaskan, dirinya akan maju sebagai calon Bupati Merangin. Peluangnya terbuka, karena Salam memiliki Hanura dengan empar kursi di DPRD Merangin. “Saya maju calon Bupati, bukan wakil. Insyaallah kalau PPP mendukung, Hanura sudah menunggu,” bebernya.

Demikian pula dengan Mashuri, Mantan Kapala Dinas Pendidikan Merangin. Meskipun mendaftar sebagai calon Wakil Bupati, dirinya tetap optimis mendapatkan dukungan PPP. “Mudah-mudahan tadi kita sudah sampaikan visi,” sebutnya.

Baca Juga :  Timses Minta Cetak Sendiri APK

Disamping itu, Mashuri juga mendaftar di PKS dan NasDem. Dua partainya juga diyakini bisa bersamanya di Pilkada tahun depan. “Saya juga menaftar di PKS dan NasDem. Mungkin dalam waktu dekat ini sudah ada kabarnya,” katanya.

Sementara itu, Ihsan Nahrowi Ketua DPP PPP Korwil Sumatera mengatakan uji kelayakan dan kepatutan merupakan tahapan penting. Tahapan ini yakni mendengarkan visi kandidat dan komitmennya terhadap partai.

“Uji kelayakan dan kepatutan salah satu tahapan peting. Tadi kita sudah tanyakan visi masing-masing kandidat,” sebutnya.

Hasilnya ini akan digodok DPP untuk penentuan dukungan. Disamping ada mekanisme survey yang juga menjadi pertimbangan. “Nanti kita minta surveinya dari kandidat juga untuk menjadi pembanding,” katanya.

Dalam uji kelayakan dan kepatutan Cakada Merangin, Ihsan mengaku belum mendapatkan gambaran. Tapi pihaknya akan melakukan croscek di DPP agar tidak ada kesalahan.

“Tadi kita belum mendapatkan gambaran. Tapi kita akan cek lagi di DPP. Semua partai juga masih berproses,” pungkasnya. (aiz)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!