Dua Kubu Berusaha Saling Menjatuhkan

Ilustrasi.

PENDOPO – Dualisme kepemimpinan DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), berimbas juga pada DPC partai tersebut di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Yakni kubu Aka Cholik Darlin dan Hairul Mursalin.

Bahkan dua pimpinan DPC PPP Kabupaten PALI tersebut saat ini sama-sama duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Menimbulkan upaya untuk saling mengulingkan satu sama lain. Bahkan, terakhir surat pemberhentian antar waktu, dari kubu PPP pimpinan Ketum Romahurmuziy, kepada Aka Cholik Darlin dan langsung menunjuk bakal penggantinya sudah masuk ke pimpinan DPRD PALI.

Ketua DPRD Kabupaten PALI, Drs Soemarjono mengatakan bahwa surat balasan dari Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM) Republik Indonesia saat ini sudah berada di tangan dirinya.‎ Namun, dalam surat itu dinilainya cukup membingungkan, lantaran isi surat tersebut tertuang dua jawaban.

“Poin satu menyebutkan bahwa pimpinan PPP yang sah yang diakui KemenkumHAM adalah
Romahurmuziy, sementara di poin kedua menyebutkan bahwa surat keputusan KemenkumHAM diatas masih berproses di PTUN dan masih tahap upaya hukum kasasi, artinya belum mempunyai kekuatan hukum tetap. Surat jawaban itu menurut kami membingungkan, sebab belum inkracht,” ujarnya.

Menurutnya surat yang dilayangkan DPP PPP pimpinan Romahurmuziy, yang telah dikonsultasikan ke KemenkumHAM seolah diserahkan sepenuhnya ke pimpinan DPRD Kabupaten PALI. Namun, pihaknya akan merapatkannya terlebih dahulu dengan pimpinan DPRD lainya terkait surat tersebut.

Baca Juga :  Seminggu di Turki, Anggota Dewan Dideportasi

“Nanti saya rapatkan dengan pimpinan DPRD lainnya terkait surat PAW untuk Aka Cholik Darlin, apakah akan diteruskan atau ditunda dulu. Sebab, kami juga masih memperhatikan beberapa pertimbangan-pertimbangan.Tetapi menyikapi surat PAW tersebut, seharusnya pemberhentian terlebih dahulu, baru menunjuk penggantinya, kalau yang kami terima, pemberhentian langsung penunjukan penggantinya,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPC PPP Kabupaten PALI kubu Djand Farid, ‎Aka Cholik Darlin dengan santai menyikapi kejadian tersebut dengan dingin terkait surat PAW untuk dirinya.‎ “Kita lihat saja perkembangannya seperti apa, saya tidak mau masalah ini akan bertambah,” singkatnya. (ebi)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!