Dua Sekolah Nilai Lebih Tinggi

DAFTAR ONLINE: Beberapa calon siswa SMKN 5 Palembang mencoba daftar online yang disediakan pihak SMKN 5 Palembang, kemarin. Foto: Alfery/Sumatera Ekspres

PALEMBANG- Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) hari kedua yang dilakukan secara online dan manual tidak mengalami kendala berarti. Khusus di SMAN 3 dan SMAN 6 Palemabang, nilai mencapai 82 sebagai syarat administrasi yang harus dipenuhi.
Kepala SMAN 3 Palembang, Dra Hj Purwiastuti Kusumastiwi MM mengatakan, pelaksanaan pendaftaran PPDB SMAN 3 Palembang dibuka secara online sejak 25 -28 Juni 2018 mendatang. “Calon siswa/i wajib memiliki nilai 82 untuk semua pelajaran,” ujarnya
PPPB secara online bertujuan untuk mempermudah calon siswa dalam mengikuti berbagai tahapan PPDB SMAN 3 Palembang. Hal ini sudah disosialisasikan kepada masyarakat dan calon peserta didik. Jadi pendaftaran siswa tidak perlu lagi repot-repot datang ke sekolah melainkan bisa di rumah masing – masing.
“Setelah tahapan pendaftaran akan ada tes akademik secara tertulis dan tes wawancara setelah pendaftaran secara online. Pengumuman akan dilakukan pada 2 Juli mendatang,”urainya, seraya menjelaskan kuota daya tampung mencapai 352 siswa/i dibagi dalam 11 kelas dengan setiap rombel 32 siswa/i.
Kepala SMA Negeri 6 Palembang Hj Maryati SPd MM mengatakan, di sman 6 syarat rata-rata nilai 86. ”Sesuai ketentuan nilai rata-rata untuk sekolah kita 86,”urainya.
Sementara di SMAN 8, rata-rata nilai 76 sedangkan SMAN 5 Palmebang 75. “Memang nilai berpariasi setiap sekolah, khusus di sekolah kita 75,”ucap Kepala SMAN 5 Palembang Sumin Eksan SPd, MM
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Drs Widodo MPd mengatakan, bagi sekolah yang telah memiliki web dianjurkan pendaftaran PPDB secara online, sedangkan yang belum memiliki fasilitas bisa dilakukan manual. “Peserta PPDB jenjang SMA/SMK, lulusan tahun pelajaran 2017/2018. dan usia tidak lebih dari 21 tahun pada 16 Juli 2018 mendatang dengan dibuktikan foto kopi kartu keluarga (kk) atau akte kelahiran,”ujarnya kemarin.
Jalur Tes ada dua Penelusuran Minat Prestasi Akademik (PMPA) dan jalur tes potensi akademik yang bakal dilaksanakan pada 25-29 Juni pendaftaran. Khusus jalur TPA, merupakan tes tertulis dengan materi berupa soal pilihan ganda, yang akan dilaksnakan pada 30 Juni di sekolah yang di tujuh.
Materi tes meliputi pelajaran SMP/MTS dengan materi pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, dan IPA (Fisika dan Biologi). “ Peserta didik yang dinyatakan lulus seleksi masuk berdasarkan penggabungan nilai raport semester 1-5, nilai TPA dan UN, ”terangnya.
Penilai berbeda, khusus SMPN UNBK, bobot nilai raport 15 persen, nilai test 60 persen dan UN 25 persen. sedangkan SMPN UNBK, bobot nilai raport 20 persen, nilai test 50 persen dan nilai UN 30 persen.“Peserta didik yang dinyatakan lulus wajib melakukan registrasi ulang atau daftar ulang, dan bagi yang tidak daftar ulang pada batas waktu telah ditentukan dinyatakan mengundurkan diri,”sambungnya.
“Kedepan kita akan dorong semua sekolah untuk bisa menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer, begitupula pelaksanaan PPDB secara online bagi sekolah yang belum melaksanakan,”katanya. (nni/nan)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!