Efek Lelah

Manda Cinggi Foto: Kris Samiadji/Sumeks

LAMPUNG – Seri 1-1 jadi hasil akhir Sriwijaya FC kala menjalani uji coba ketiga kontra Lampung Sakti FC di Stadion Sumpah Pemuda, Way Halim, Minggu sore (2/4). Klub berjuluk Laskar Wong Kito ini sempat unggul lewat sepakan penalti Manda Cinggi saat pertandingan baru jalan lima menit.

Pemain asli Lampung itu membobol jala Endang Subrata melalui titik putih dengan sempurna. Anak buah Osvaldo Lessa dapat hadiah penalti akibat penyerang, Airlangga Sucipto, dilanggar dalam kotak terlarang.

Tak mau malu, tuan rumah akhirnya dapat membobol jala Sriwijaya FC yang dikawal Teja Paku Alam di menit 25. Tendangan penyerang M Ichwan berhasil membuat kedudukan imbang menjadi 1-1 hingga akhir pertandingan.

Kelelahan, jadi masalah yang harus diterima anak asuh Osvaldo Lessa setelah menjalani tiga laga uji coba beruntun dalam satu pekan. Dua lainnya, menang 1-0 atas Cilegon United (28/3) dan 3-0 dari Persika Karawang (31/3).

Terlebih skuat double winner memang tidak menurunkan formasi terbaik. Rotasi tim belum jalan, juga masih terkendala cederanya Hilton Moreira dan Beto Goncalves, membuat Sriwijaya FC menurunkan hampir seluruh skuad muda. Marckho Sandi, Bobby Satria, Hapit Ibrahim mengisi posisi pertahanan.

Baca Juga :  Training Mekanik Konsumen

Ditopang empat pemain tengah, Yu Hyun Koo, Handra Sandi, Manda Cinggi, dan Maldini Pali. Sendangkan posisi depan diisi duo bomber, Nur Iskandar dan Airlangga Sucipto. “Ini skuat sudah bagus, kondisi tim bermain, formasi dan permainan. Tetapi hasil imbang juga karena kondisi kelelahan dan lapangan yang susah sekali,” kata pelatih kepala Sriwijaya FC, Osvaldo Lessa, usai pertandingan.

Osvaldo mengatakan, secara permainan anak asuhnya sudah menjalankan permainan dengan baik sesuai instruksi taktik yang diberikan. “Babak kedua, kita coba naik lagi. Tetapi kalah hasil tidak masalah. Kita tetap main enjoy, tidak masalah karena skuat sudah bermain jujur,” tambahnya.

Suksesor Widodo C Putro itu, juga menambahkan, hasil bukan jadi penilaian. Tetapi dia ingin melihat, apa yang menjadi kekurangan pemain sejauh ini, termasuk kondisi fisik yang harus diperbaiki lagi.

“Selasa sore (4/4), kita latihan lagi. Tiga pertandingan, berturut-turut melelahkan. Jadi, malam ini kita pulang. Besok (hari ini, red) istirahat, dan Selasa kita latihan untuk persiapan Liga 1 2017,” tambahnya. Sebelumnya, Sriwijaya FC sempat agendakan uji coba kontra PS TNI di Gelora Sriwijaya, (7/4) namun dibatalkan.

Sementara itu, Nova Arianto, pelatih Lampung Sakti FC mengatakan, uji coba melawan Laskar Wong Kito cukup bagus untuk mental anak asuhnya. Mengingat, secara kualitas tidak berimbang. Sriwijaya FC di Liga 1 sementara Lampung Sakti di Liga 2.

Baca Juga :  Yuk, Wisata ke Rumah Pohon

“Karena lawan kita berkualitas, saya juga bisa melihat kualitas pemain kami hari ini seperti apa. Ini jadi evaluasi kita untuk kompetisi mendatang,” jelas mantan pemain Sriwijaya FC itu.

Pelajaran yang paling dilihat Nova, yakni konsentrasi saat menit awal. Karena menit awal dan akhir memang jadi menit rawan untuk kemasukan gol di setiap pertandingan. “Selebihnya tidak ada. Kita juga mungkin masih ada penambahan pemain lagi, khususnya posisi sayap dan playmaker,” ujarnya. (cj11/ion/ce4)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!