Embusan Dominasi Kegempaan

Gunung Dempo

PAGARALAM – Hasil rekaman seismograf mencatat kegempaan yang dikeluarkan dari kawah Gunung Dempo masih mendominasi gempa embusan.

Petugas Pos Pemantauan Gunung Api Dempo,Mulyadi didampingi Megian Nugraha, menyatakan, tercatat terjadi embusan sebanyak 8 kali, disusul tektonik jauh 4 kali, tektonik dangkal 1 kali,vulkanik dalam 3 kali dan vulkanik dangkal sebanyak 4 kali, sedangkan kegempaan tremor hingga kini telah menghilang.

“Dari data bisa dikatakan, aktifitas kegempaan terpantau berangsur menurun dari bulan sebelumnya. Akan tetapi, status masih level 2 atau waspada.Sampai kini belum ada konfirmasi lanjut dari PVMBG Bandung tentang perubahan status,” ungkap Megian.

Selain pengamatan alat sesimograf, untuk pengamatan visual,disebutkan Megian, cuaca kawasan puncak Dempo terang gunung jelas, terkadang mendung dan berkabut. Kedepan, belum dapat memprediksi kemungkinan apa yang terjadi terhadap Gunung Api Dempo, apakah levelnya kembali naik maupun mengalami penurunan.

“Pastinya fenomena alam tidak bisa ditebak. Pos Pemantauan Gunung Api Dempo tetap mengintensifkan pemantuan terhadap kekinian kondisi Gunung Api Dempo, mengantisipsi hal yang tidak diinginkan,” katanya. (ald)

Baca selengkapnya di harian Sumatera Ekspres Jumat (23/3). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!