Empat Jam Khatam Alquran

Ratusan warga binaan di Lapas Perempuan Klas IIA Palembang dengan khusyuk membaca Alquran, (20/4). Foto: Alfery/Sumeks

Warga Binaan Lapas Wanita Pecahkan Rekor Muri

PALEMBANG – Suara lantunan ayat suci Alquran terdengar cukup keras di Bengkel Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Perempuan Klas IIA Palembang, kemarin (20/4). Kegiatan khatam serentak yang dilakukan warga binaan seluruh Lapas di Indonesia untuk memecahkan rekor Muri pada Hari Ulang Tahun (HUT) Lembaga Permasyarakatan ke-53.

Kepala Lapas Perempuan Klas IIA Palembang Dra Hj Siti Zuhro mengungkapkan, ada 150 warga binaan dan 50 pegawai mengikuti kegiatan tersebut. “Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB dipimpin langsung ustad Muslimin Ansyori,” terangnya, kemarin (20/4).

Selain itu, lanjut dia, kegiatan tersebut juga untuk meningkatkan pemahaman warga binaan untuk belajar Alquran. “Sebenarnya mengaji ini menjadi kegiatan rutin bagi warga binaan. Tujuannya agar mereka memiliki aktifitas banyak setiap harinya,” paparnya.

Sementara itu, hari ini (21/4), dalam rangka HUT Lapas akan diadakan berbagai lomba. Mulai dari lomba bakiak, gerobak dorong, hingga karaoke. “Kegiatan ini diikuti seluruh warga binaan,” imbuhnya.

Lebih jauh dikatakannya, saat ini warga binaan di Lapas Perempuan Klas IIA Palembang berjumlah 440 orang. Padahal kapasitasnya hanya 350 orang. “Jadi memang agak sedikit over kapasitas. Tetapi kondisinya masih baik,” sebutnya.

Baca Juga :  Napi Teroris Dipindah ke Lapas Muara Enim

Terpisah, Kasi Binadik Lapas Perempuan Klas IIA Palembang Emi Yunita berharap kegiatan khatam tersebut bisa menumbuhkan kecintaan terhadap Alquran, mempererat persaudaraan, dan menambah ilmu pengetahuan. “Sedangkan untuk pusat dari kegiatan rekor muri ini ada di Rutan Cipinang,” tandasnya. (uni)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!