Enam Jemaah Dilarikan ke Poliklinik

CERIA: Jemaah haji Kloter 15 Debarkasi Palembang asal OKU Timur, KBIH Miftahussalam dan Palembang saat berada di Asrama Haji Palembang, kemarin (28/9). Foto: Kris/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Jumlah jemaah haji beserta petugas kloter 15 asal OKU Timur dan Palembang saat keberangkatan ke Tanah Suci sebanyak 448 orang. Namun saat kepulangan hanya 444 jemaah. Tiga jemaah tanazul ke kloter 8 dan 10. Sementara satu jemaah lagi meninggal dunia pada 15 September lalu di Mekah.
Kakanwil Kemenag Sumsel,melalui Kasubag Humas Informasi, Sefudin Latif mengatakan, tiga jemaah tersebut sudah lebih dulu dipulangkan karena berbagai alasan, diantaranya sakit. ”Tapi ada seorang jemaah asal kloter 14 yang dipulangkan bersama rombongan ini,” terangnya kemarin (28/9).
Mengenai jadwal kedatangan, sambung dia, memang sedikit lebih cepat dari jadwal. Seharusnya pesawat tiba pukul 03.55 wib, tapi realisasinya pukul 03.45 wib atau lebih dulu 10 menit dari yang dijadwalkan.
Semua jemaah dalam kondisi sehat. Tapi ada enam jemaah yang terpaksa harus dilarikan ke poliklinik karena kelelahan dan berusia uzur tapi setelah menjalani perawatan semuanya sudah bisa pulang ke daerahnya.
Sesuai jadwal, giliran kloter 16 asal OKUT, OKU dan Palembang akan tiba ke Tanah Air hari ini (29/9) pukul 04.45 wib. “Mudah-mudahan kedatangannya bisa tepat waktu dan emua jemaah dalam kondisi sehat,” cetusnya.
Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Palembang, Kuncahyo mengungkapkan, hampir rata-rata jemaah yang dipulangkan rata-rata harus dibawa ke poliklinik. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut mulai dari kelelahan melaksanakan arbain.
Sejauh ini pelayanan pemulangan jemaah haji Debarkasi Palembang berjalan lancar. Belum ada kendala yang dihadapi. Pihaknya tengah mempersiapkan evaluasi nantinya bagaimana pelayanan kesehatan yang diberikan sejak jemaah diberangkatkan hingga pemulangan. (uni/vin)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!