Ga Hanya Ditanam, Kudu Tumbuh

Penanaman sejuta pohon oleh sobat bumi. foto: istimewa

Setiap tanggal 10 Januari, masyarakat dunia ngerayain hari sejuta pohon sedunia. Seberapa penting sich pohon bagi kehidupan manusia? Jawabnya: Penting banget guys, ga percaya? Duh klo masih gak percaya kayaknya kalian harus belajar nich sama para mahasiswa pecinta alam yang akan kita bahas kali ini, mau tau? Yuk simak!

Isu pemanasan global yang udah santer dibicarakan sejak bertahun-tahun lalu mulai menunjukkan kebenarannya. Salah satu faktor penyebabnya adalah penebangan pohon secara ilegal. Padahal seperti kita ketahui, keberadaan pohon dapat mengurangi kadar karbon dioksida (CO2) di muka bumi ini.

Gak hanya itu, pohon juga dapat mencegah terjadinya banjir karena air hujan akan terserap ke dalam tanah. Karena penting nya pohon bagi bumi inilah, temen-temen komunitas pecinta alam Sobat Bumi dan Mafesripala (Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unsri Pencinta Alam), secara aktif ngadain berbagai aktivitas untuk ngelestariin pohon.

Salah satu petualangan pencinta alam Mafesripala. foto: istimewa

Sobi (Sobat Bumi) komunitas yang beranggotakan 76 orang ini adalah komunitas pencinta alam yang telah banyak melakukan aksi positif untuk bumi. Mereka memiliki segudang project untuk melestarikan bumi melalui event yang mereka gelar. Salah satu nya pembagian bibit pohon gratis ke masyarakat, yang udah sering mereka lakukan. “Harapan nya bibit pohon tersebut bisa ditanam masyarakat, tapi ga hanya ditanam aja, kudu menjamin pohon itu bisa tumbuh, kita juga sering ngecek lagi apakah bibit pohon tersebut udah tumbuh, soalnya kadangkala banyak yang hanya menanam aja tapi ga peduli apakah nantinya bibit pohon itu akan jadi dan tumbuh,” ujar Atika Indah Cahyani ketua Sobi.

Baca Juga :  Target Peserta Tembus 1.500

Ga mau kalah ama Sobi, Mafesripala (Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unsri Pencinta Alam). Komunitas yang berdiri sejak 27 November 1978 ini ga hanya aktif dengan kegiatan berpetualang, tapi kepedulian mereka terhadap lingkungan. Salah satunya penanaman pohon.

“Kita melakukan aksi penanaman pohon, ga hanya pada saat peringatan hari sejuta pohon aja. Peringatan itu hanya simbolis aja, yang pasti kita kudu menanam pohon kapan pun, karena pohon sangat penting bagi kehidupan di bumi ini, menanam ga hanya menanam aja tapi kudu diliat apakah pohon itu tumbuh dengan baik karena itu yang terpenting. Ayo guys! Kalau kalian bisa menanam satu pohon aja dan merawat nya dengan baik sampai pohon itu tumbuh, maka alangkah hijau dan sejuk nya bumi kita ini,” kata Rahmat, Ketum Mafesripala. (dna/tim)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!