Gabung, Belum Jaminan Starter

PALEMBANG – Lini belakang Sriwijaya FC tidak jadi krisis pemain saat jalani pertandingan pekan ke-13 Liga 1 lawan Arema FC, besok (7/7). Ini setelah Yanto Basna sudah gabung tim usai mudik ke Papua. Bek tengah kelahiran 12 Juni 1995 ini tiba di Palembang, Selasa (4/7) kemudian Rabu (5/7) sore gabung dalam rombongan tim berjuluk Laskar Wong Kito bertolak ke Malang.

“Kami butuh pemain untuk perkuat lini belakang. Jadi Yanto kami bawa ke Malang meski baru datang. Kami butuh tenaganya saat lawan Arema nanti,” jelas Pelatih karteker Sriwijaya FC, Hartono Ruslan, sebelum bertolak ke Malang, Rabu (5/7) petang.

Dengan gabungnya Yanto, di posisi bek tengah yang siap main ada tiga pemain. Ini karena sebelumnya Bobby Satria dan Firdaus Ramadhan sudah gabung latihan Sriwijaya FC lebih dulu. Tiga stok bek tengah ini jadi tumpuan karena Bio Paulin belum bisa main bola lagi.

Untuk berjaga-jaga, Hartono akan menggeser Indra Permana menjadi bek tengah jika dibutuhkan. Posisi Indra sendiri adalah bek kiri. Bisa dimainkannya Zalnando setelah hukuman kartu kuning diberlakukan khusus pertandingan lawan Perseru Serui, membuat Indra sangat besar potensinya menjadi pelapis alternatif di bek tengah.

Apalagi, dia juga pernah memainkan peran itu saat Sriwijaya FC hancurkan Mitra Kukar 3-1 sebelum libur Lebaran. Saat itu, Indra masuk sejak menit ke-33 gantikan Bobby Satria yang cedera bahu. Hartono menjelaskan, meski Yanto dibawa ke Malang dan menambah pilihan di posisi bek tengah, belum ada jaminan bahwa jebolan Sriwijaya FC U-21 ini akan jadi starter.

Sekalipun, dalam sembilan pertandingan yang dimainkan Yanto lebih banyak jadi starter. Ini karena Hartono akan melihat kondisi fisiknya dulu selain kesiapan secara mental bertanding. Mengingat, Yanto baru saja kembali dari perjalanan jauh dan jalani libur panjang serta telat gabung latihan.

“Kita lihat di menit akhir jelang pertandingan. Apakah memungkinkan dia main sebagai starter. Kita akan lihat dulu, terutama kekuatan fisiknya,” jelas Hartono.

Sekretaris Tim Sriwijaya FC Ahmad Haris menjelaskan, Yanto mudik ke Papua sudah izin manajemen. Demikian dengan keterlambatan datang ikuti program latihan tim. “Semua sudah koordinasi dengan manajemen. Kami ke Malang dengan kekuatan 20 pemain plus 9 ofisial tim. Terkait Yanto apakah starter atau gak lawan Arema, sepenuhnya kami serahkan kepada pelatih. Pelatih yang tahu kebutuhan tim,” ungkap Haris. (kmd/ion/ce2)

Daftar 20 Pemain ke Malang

Kiper : Teja Paku Alam, Sandi Firmansyah

Belakang : Gilang Ginarsa, Marco Meraudje, Yanto Basna, Firdaus Ramadhan, Bobby Satria, Zalnando, Indra Permana

Tengah : Yu Hyun Koo, Manda Cingi, Ichsan Kurniawan, Tijani Belaid, Hapit Ibrahim, Yohanis Nabar, Slamet Budiono

Depan : Hilton Moreira, Alberto Goncalves, Rizky Dwi Ramadha, TA Mushafry

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!