Generasi Z Anti Apatis!

Beri aku 10 pemuda maka akan aku guncang dunia! Teriak Presiden pertama RI, Soekarno. Yups, ngebahas soal pemilu itu nggak cuma kamu yang jurusan politik aja kan yang wajib tau. But, sebagai warga NKRI, kita harus paham sama kondisi politik Indonesia lho! Yuk simak apa aja yang bisa di lakuin anak muda biar makin mengenal pentingnya dunia politik
Tahun 2018 emang lagi gencar-gencarnya banget sama pilkada nih generasi Z. Pilkada alias pemilihan kepala daerah biasanya di lakukan serentak di beberapa wilayah di Indonesia. Fyi, pilkada emang udah di lakuin di Indonesia sejak Juni 2005 di mana reformasi mengendalikan Indonesia. Pilkada di selenggarakan dengan tujuan memilih pemimpin dari tingkat provinsi, kota, hingga kabupaten. So, wajar banget ya kalo suasana pas pemilu itu selalu jadi tontonan menarik dan menambah wawasan buat kamh khususnya generasi muda.
Well, pentingnya kamu sebagai anak muda untuk kenal sama dunia politik jelas untuk menciptakan generasi anti apatis ya generasi z. Karena faktanya, banyak banget lho yang sekarang acuh dengan dunia perpolitikan di Indonesia. Stigma buruk yang selama ini menempel di kata ‘politik’ agaknya membuat generasi yang lahir di masa perkembangan teknologi internet dan gadget semakin acuh dengan politik di Indonesia. Banyaknya akses kamu sebagai generasi z untuk berhadapan langsung dengan internet, hal itu tentunya membuat kamu semakin kaya informasi terutama hal yang riskan yaitu menyangkut dunia perpolitikan yang kebanyakan isinya pemberitaan buruk .
Apatisme pemuda tentunya semakin menjadi-jadi saat tau banyaknya pemberitaan buruk mengenai politik di Indonesia. Generasi Z bersikap acuh dan malas dengan hal-hal yang berbau politik, that’s why momentum pemilu dan pilkada menjadi ‘gong pengebrak’ bahwa anak muda sekarang nggak seharusnya apatis terhadap perpolitikan. Why we shouldn’t being apatis? Karena nyatanya apatisme itu justru semakin mengubur semangat kamu untuk mempunyai pemerintahan yang baik. Bayangin aja kalo semua pemuda di Indonesia apatis sama pemerintah, pastinya nggak ada yang bisa mengatur penduduk yang banyak dan birokrasi yang harusnya makin teratur ini.

Baca Juga :  Politik itu Berat, Gaklah Guys

Generasi Z di anggap sebagai generasi yang penuh kritik. Kamu berani dan mampu mengutarakan pendapat kamu di muka umum baik langsung ataupun melalui media. So, apatisme itu bukan Generasi Z banget kan! Anak muda punya partisipasi, kontribusi, dan peluang yang besar dalam membawa arah jalan pemerintah. Nyatanya, satu suara dari setiap warga negera Indonesia sudah sangat menentukan pemimpin seperti apa yang akan memimpin kita di 5 tahun mendatang. Iyap! Satu suara dari kamu udah berarti banget, kayak si doi deh! Makanya kamu sebagai anak muda harus say no sama apatisme dan golput ya! “Mungkin kita ngerasa 1 suara di banding puluhan juta manusia di Indonesia ini nggak ada apa-apanya, percaya deh, kamu punya kontribusi yang besar banget saat kamu ikut serta dalam pemilu untuk nentuin siapa pemimpin yang akan membawa bangsa ini.” Kata Muhammad Ichsandi, mahasiswa jurusan Administrasi Negara Universitas Sriwijaya.

Well, di tanggal 27 Juni 2018 mendatang, Sumatera Selatan bakal ngadain pilkada buat nentuin gubernur kita 5 tahun mendatang. So, buat kamu yang udah di wajibkan ikut pemilu, yuk buktiin kalo kamu generasi anti apatisme dan bikin tps lokasi kamu jadi rame sama anak-anak muda yang punya tinta ungu di jarinya! Oh iya, abis nyoblos, jangan lupa selfie bareng ya Generasi Z! (iph/fin)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!