GenPI Siap Memviralkan Lebaran dengan Kuliner, Event dan Destinasi

Ilustrasi.

JAKARTA – Lebaran memang masih beberapa pekan lagi. Tapi, Generasi Pesona Indonesia (GenPI) sudah siap menyambutnya. Komunitas pecinta pariwisata ini akan mengangkat Lebaran hingga viral di media sosial dan media online. Temanya pun beragam. Mulai dari kuliner, destinasi, hingga event. Yang pasti, GenPI akan mempermudah kalian untuk mencari tempat kuliner saat mudik nanti. Keren kan.

Menurut Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media Kementerian Pariwisata Don Kardono, para anggota GenPI mulai bekerja untuk meramaikan Lebaran. Khususnya secara online melalui media sosial.

“Anak-anak GenPI selalu memiliki semangat untuk melakukan sesuatu. Kali ini, bidikan GenPI adalah Ramadan hingga Lebaran. Ini momen spesial yang datang setahun sekali. Jadi sayang kalau kita lewatkan begitu saja. GenPI akan mengisi momen ini dengan gaya khas mereka. Yaitu anak-anak muda yang jagoan di online dan hebat secara offline,” tutur Don Kardono, di Jakarta, Ahad (27/5).

Dijelaskannya, GenPI sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk menaikkan momen Lebaran secara online.

“Ada tiga tema besar yang akan diangkat. Yaitu mengenai kuliner, destinasi wisata, dan event atau atraksi. Nanti ada top 10 kuliner, top 10 destinasi wisata, dan top 10 event yang kita pilih. Top 10 menjadi rekomendasi bagi kalian semua,” katanya.

Baca Juga :  Layani Nasabah, Bank ini Operasikan Kantor Cabang-Capem

Menurut Don, objek dan konten yang akan diangkat dari 5 provinsi yang menjadi destinasi mudik Lebaran. Yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan Yogyakarta. “Lima provinsi ini adalah destinasi utama saat mudik. Bukannya daerah lain tidak, tapi perputaran terbesar ada disini,” katanya.

Dari provinsi ini, destinasi yang diangkat dipilah lagi berdasarkan kota dan kabupaten.

“Misalnya di Jawa Barat ada 29 kabupaten dan 9 kota. Konten yang kita bikin menjadi per kabupaten atau kota. Contohnya, 10 kuliner khas Kota Bandung saat Lebaran. Atau, 10 Atraksi di Kota Bandung yang wajib ditonton saat Lebaran. Kira-kira seperti itu,” terangnya.

Namun, GenPI tidak akan sembarangan dalam menentukan destinasi tersebut. “Tetap ada acuannya. Referensi utamanya adalah TripAdvisor. Jadi GenPI bukan asal tunjuk atau asal pilih. Namun, tugas GenPI memastikan kuliner atau atraksi wisata itu benar-benar ada,” katanya.

Diterangkan Don Kardono, setidaknya akan ada 113 naskah mengenai Lebaran. “Dan itu pun harus diperkuat dengan foto dan video. Itu tugasnya GenPI. Nanti didistribusikan ke media-meia online juga media sosial. Khususnya oleh GenPI yang ada di 5 provinsi itu. Materi ini harus viral. Masyarakat harus mengetahui sekitar mereka saat mudik nanti. Dan kita akan mempermudah, memberikan rekomendasi untuk mereka,” katanya.

Baca Juga :  10 Destinasi Kota Jogja Yang Bisa Dikunjungi Dalam Sehari saat Lebaran

Agar menjadi viral, materi yang telah ada akan diposting disejumlah platform media sosial. Seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan lainnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik program GenPI saat Lebaran. “GenPI akan memberikan referensi bagi mereka yang ingin mudiknya. Seperti kuliner apa saja yang direkomendasi dan buka saat Lebaran. Ini luar biasa. Karena GenPI akan mempermudah pemudik. Dan membuat suasana Lebaran akan semakin meriah,” tuturnya.(*/kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!