Gerakan Perekonomian Desa Prabumenang

KERAJINAN: Peserta pelatihan memperhatikan pembuatan kerajinan berbahan baku gypsum di Desa Prabumenang. Foto: Heru/Sumatera Ekspres

PALI – Berbagai cara dilakukan untuk menjalankan perekonomian di tingkat desa, agar bisa memberikan pemasukan tambahan di tengah keterpurukan harga getah karet yang terjadi saat ini untuk membuat dapur terus mengepul.

Seperti yang dilakukan warga Desa Prabumenang, Kecamatan Penukal Utara, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang memamfaatkan anggaran Dana Desa (DD) untuk membuat kerajinan dari gypsum menjadi berbagai bentuk buah-buahan.

Kepala Desa Prabumenang, Abul Roestani mengatakan, bahwa pembuatan kerajinan tersebut kita ambil pos anggaran dari bidang pemberdayaan, disitu pihaknya sengaja mengundang pengrajin gypsum untuk melatih beberapa warganya untuk bisa dikembangkan.

“Kita akan kembangkan industri rumahan dibidang kerajinan tangan dengan membuat souvenir, untuk itu kita mengundang pelatih yang berpengalaman dan bersertifikat untuk melatih warga kita di desa melalui DD bidang pemberdayaan,” ujarnya, Minggu (6/4).

Dengan adanya kerajinan ini, diharapkanya bisa meningkatkan perekonomian warganya. (ebi)

Baca selengkapnya di harian Sumatera Ekspres Senin (7/5). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!