Gigih Prakoso Dirut Baru PGN

Gigih Prakoso. Foto: PGN.co.id

Direktur manajemen investasi dan risiko Pertamina Gigih Prakoso Soewarto mengemban amanah baru menjadi Dirut PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk dalam RUPSLB. Dia menggantikan dirut sebelumnya Jobi Triananda Hasjim

”Pergantian direktur utama PGN sebagai salah satu langkah menyelaraskan kerja di holding migas,” ujar Deputi Bidang Industri Strategis, Usaha Pertambangan, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno, (10/9).

Gigih bukanlah orang baru di PGN. Dia pernah menjabat direktur strategi dan pengembangan bisnis PGN sejak Mei hingga Agustus 2017. Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Dilo Seno Widagdo mengungkapkan bahwa Gigih sudah tidak asing dengan rencana bisnis PGN. Sebab, dia merupakan steering committee saat integrasi Pertamina, PGN, dan Pertagas. ”Pak Gigih kan di pokja (kelompok kerja) infrastruktur, proyek, dan komunikasi. Kita juga mempunyai komitmen untuk menjalankan,” katanya.

Sementara itu, Kementerian BUMN juga berencana merombak direksi PT Garuda Indonesia Tbk. Dirut Garuda Pahala N. Mansury dikabarkan bakal diganti. Ketika dimintai konfirmasi, Pahala menyatakan masih menunggu keputusan pemegang saham. ”Kalau ditugaskan, kita harus siap diganti. Tapi, saya harapkan program yang sudah ada di Garuda bisa terus berjalan,” tuturnya kemarin.

Menurut Pahala, Garuda telah memiliki program korporasi hingga 2020, termasuk program efisiensi. ”Kita harapkan, apa pun nanti yang terjadi, semua bisa berjalan baik,” katanya.

Renegosiasi pesawat menjadi salah satu kendala yang dihadapi Garuda lantaran kontribusi biayanya relatif tinggi. Pahala pun berharap inisiatif tersebut bisa terus dilakukan.

Kementerian BUMN belum bisa membeberkan perombakan direksi Garuda dalam RUPSLB besok (12/9). Pakar BUMN Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto menjelaskan bahwa RUPS adalah hak pemegang saham sehingga kapan pun mereka bisa melakukan perubahan pengurus. (vir/c14/oki)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!