Goweser di Ambon Tempuh Jarak 16 km

Goweser GPN di Kota Ambon. foto: istimewa

AMBON – Kampanye “Ayo Olahraga” Kemenpora menyapa Kota Ambon, Maluku. Melalui program Gowes Pesona Nusantara, masyarakat di bagian timur Indonesia ini terdorong untuk memasyarakatkan olahraga. Caranya, dengan mengayuh sepeda ramai-ramai.

Di Ambon, para goweser dijadwalkan menempuh jarak 16 kilometer (KM). Sabtu (15/7), goweser melakukan start dari Tugu Leimena dan finish di Gong Perdamaian Dunia di pusat kota. Para pegowes berjumlah ratusan orang dari berbagai daerah dan latar belakang di Provinsi Maluku.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon Morits R Lantu mengatakan bahwa salah satu program wali kota Ambon adalah menciptakan harmoni di antara warga. Kata Morits, caranya adalah dengan kegiatan-kegiatan positif seperti olahraga bersepeda ini.

“Kami sangat menyambut baik dan berterima kasih atas diselenggarakannya acara Gowes Pesona Nusantara di Kota Ambon ini. Dalam harmoni itu tentu ada program yang sehat, jadi klop. Kita bersyukur dan berterima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga memberi kesempatan pada kami,” kata Morits Jumat (14/7).

Dia menambahkan jika kegiatan-kegiatan positif seperti berolahraga otomatis akan menekan dan bahkan menghilangkan hal-hal negatif seperti perilaku menggunakan narkoba, minuman keras, tawuran dan berbagai aktivitas tidak sehat lainnya. “Hal-hal tersebut akan hilang dengan sendirinya jika seseorang mengisi waktunya dengan berolahraga,” tambahnya.

Baca Juga :  Modal Kampanye Haram Walikota Tegal

Seperti diketahui, Gowes Pesona Nusantara dilaksanakan pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpora dibawah kepemimpinan Imam Nahrawi adalah untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia untuk sehat, bugar dan berkarakter melalui olahraga. Selain itu, bagian terpenting dari acara ini selain berolahraga adalah mempertebal nasionalisme dan rasa cinta terhadap Tanah Air.

Gowes Pesona Nusantara itu sendiri secara resmi dibuka pada Sabtu 13 Mei lalu oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di Sabang. Etape pertama dimulai pada titik 0 (nol) kilometer di Kota Sabang. Perhelatan ini akan terus digelar di 90 kabupaten/kota seluruh Indonesia dalam mengkampanyekan program #AyoOlahraga. Puncaknya akan diakhiri pada Hari Olahraga Nasional 9 September mendatang di Magelang, Jawa Tengah. (kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!