GPN di Ambon, ini Harapan Wawako

GPN di Ambon, Sabtu (15/7). foto: istimewa

AMBON – Ada ekspektasi tinggi dari Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler saat Gowes Pesona Nusantara (GPN) berlangsung meriah di wilayah Indonesia Timur ini. Program andalan dari gerakan “Ayo Olahraga” ini diharapkan bisa menyingkirkan hal-hal negatif, macam narkoba, minuman keras, tawuran dan berbagai aktivitas tidak sehat lainnya. Percayalah, gowes lebih nikmat dari hal-hal yang bawa pengaruh negatif itu.

“Akan hilang dengan sendirinya jika seseorang mengisi waktunya dengan kegiatan positif seperti olahraga. Generasi muda adalah penerus perjuangan bangsa dan kita harus terus pelihara mereka dengan baik,” ungkap Syarif.

Kemeriahan GPN 2017 tampak pada semangat para goweser sabtu (15/7). Mereka pantang
menyerah kayuh sepeda meski hujan mengguyur dengan derasnya. Sekitar 500-an goweser
tampak antusias menyentuh garis finish. Syarif mengaku senang dengan antusias warganya dalam acara ini. “Alhamdulillah, saya menyampaikan terima kasih kepada Menpora atas kepercayaannya menjadikan Ambon sebagai tuan rumah penyelenggaraan GPN 2017,” katanya.

Syarif tak menampik jika kegiatan ini dilaksanakan dengan kontinyu akan membantu daerah promosikan pariwisatanya. Apalagi banyak lokasi wisata mudah ditemui di Maluku. Tekad mereka menggali pemasukan daerah dari pariwisata ini bisa dilihat dari tekad pemimpin daerah yang akan jadikan 2020 sebagai tahun kunjungan wisata.

Baca Juga :  GMAN langsung Dilantik Menpora

Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Sekretariat Kemenpora Samsudin mengatakan, GPN 2017 merupakan terjemahan dari RPJMN dalam upaya menarik dan menambah jumlah masyarakat yang terlibat dalam berolahraga. Dengan bersepeda, menurutnya, masyarakat akan semakin senang dalam berolahraga.

“Ini (bersepeda) adalah olahraganya masyarakat Indonesia. Mudah-mudahan dengan kegiatan GPN tahun ini tidak ditinggalkan begitu saja. Sehingga, meski pada 2018 kita tidak singgah di Maluku atau Ambon, Gowes Nusantara tetap bergelora di Kota Ambon ini,” katanya.

Gowes Pesona Nusantara dilaksanakan Kemenpora untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia agar sehat, bugar dan berkarakter melalui olahraga. Selain itu, bagian terpenting dari acara ini selain berolahraga adalah mempertebal nasionalisme dan rasa cinta terhadap Tanah Air. Hal itu ditunjukkan dengan adanya satu prosesi sakral dalam hajatan ini, yakni pengambilan tanah dan air di setiap daerah. Tanah dan air dari 90 kabupaten/kota yang disinggahi GPN 2017 nantinya dikumpulkan di Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah untuk dijadikan Monumen Kebangsaan pada Hari Olahraga Nasional 9 September mendatang.(kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!