Gratiskan Parkir Pedestrian Sudirman

PALEMBANG – Pungutan tarif parkir jauh melebihi Perda No 6/2011 tak hanya dikeluhkan masyarakat di ratusan titik parkir di Metropolis. Oknum juru parkir (jukir) ternyata juga menarik tarif serupa di kawasan atraksi Seni dan Wisata Pedestrian Sudirman tiap Jumat dan Sabtu malam. Meminta Rp5 ribu hingga Rp10 ribu untuk tarif sekali parkir.

Keluhan masyarakat tersebut sampai ke telinga Wali Kota Palembang, H Harnojoyo. Sangat disesalkannya, apalagi kawasan tersebut dihidupkan untuk menarik wisatawan. Menyikapinya, Wako meminta parkir di Pedestrian Wisata Sudirman digratiskan. “Kami pastikan tidak akan ada lagi yang mengutip parkir di kawasan wisata tersebut,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang, Kurniawan, kemarin (8/8).

Dengan gratisnya parkir kendaraan di Pedestrian Wisata Sudirman, diharapkan tidak hanya menjawab keluhan masyarakat, tapi juga membuat suasana di kawasan tersebut lebih kondusif sehingga memberikan citra positif bagi Kota Palembang ke depan. Hanya saja, Kurniawan juga mengharapkan dukungan masyarakat mengenai penggratisan tarif parkir ini dengan membawa kunci pengaman tambahan.
Kendati pihaknya berkoordinasi dengan kepolisian dan Sat Pol-PP untuk membantu pengamanan, tentu juga harus didukung masyarakat. “Kita bersama-sama harus ciptakan suasana kondusif demi kemajuan Palembang,” ujarnya.

Untuk mendukung program ini, Kurniawan memastikan telah melakukan koordinasi dengan jukir di kawasan Jl Kol Atmo, Jl Letkol Iskandar, dan Jl Sudirman yang berada di sekitar Pedestrian Sudirman. “Jl Letkol Iskandar akan ditutup dan dijadikan kantung parkir bagi sepeda motor. Sementara mobil di Jl Sudirman dan Jl Kol Atmo, mereka siap bersinergi. Ini juga bentuk dukungan para jukir mendukung pemerintah,” klaimnya.

Kurniawan berharap tidak akan ada lagi pungutan liar terkait parkir ini. “Kepada masyarakat yang datang untuk menikmati suasana malam di Pedestrian Sudirman setiap Jumat dan Sabtu malam, bisa langsung laporkan ke kami atau petugas di apangan yang selalu di-standby-kan,” imbaunya. (aja/air/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!