Gunakan Bahan Nyaman

Bayi dapat menggunakan sepatu lembut berbahan kaus agar tetap leluasa bergerak. Foto: Evrin/Sumeks

KELAHIRAN sang buah hati sangat dinanti-nanti para orang tua. Khususnya sang ibu. Berbagai persiapan pun dilakukan jelang persalinan. Termasuk perlengkapan si bayi. Dikatakan dr Rismarini SpA, dari RSMH Palembang, sejak lahir bayi harus memakai kaos kaki agar tidak kedinginan.

“Rasa dingin yang terasa di kaki dapat merambat ke seluruh tubuh dan dapat membuat tubuh menggigil,” ujarnya. Suhu yang dingin tentunya akan membuat bayi merasa tidak nyaman hingga mengganggu tidurnya. Bayi juga rawan terkena hipotermia, dan cara menghindarinya adalah membuat bayi tetap hangat dengan pakaian, kaos kaki, sarung tangan, topi, dan selimut atau bedung.

Ketika bayi sudah bisa duduk, bayi dapat menggunakan sepatu yang lembut yang berbahan kaos agar bayi tetap leluasa bergerak. “Di usia delapan bulan, bayi aktif merangkak duduk,” ungkapnya. Ketika bayi sudah berjalan, gunakan sepatu yang bahannya sedikit keras seperti plastik atau kulit sintetis.

Penggunaan sepatu juga dilengkapi dengan kaos kaki. Sebab, kaos kaki dapat mengurangi keringat berlebih pada kaki. Kaki bayi cenderung lebih mudah basah karena keringat. “Kalau dia pakai sepatu tidak bekaos kaki, takutnya kaki yang basah justru muncul jamur,” jelasnya.

Baca Juga :  Belum Terapkan KIA

Tak hanya itu, kaos kaki menghindari iritasi akibat gesekan langsung dengan sepatu Menurutnya, sepatu bayi ternyata tidak hanya sekadar pelengkap penampilan saja, namun juga memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah melindungi kaki bayi dari benda-benda tajam.

Menyangga berat tubuh. Sepatu akan menjaga posisi kaki sebagai tumpuan berat badan saat bayi berdiri. Hal ini juga akan membantu bayi memiliki gaya berjalan yang benar. Sepatu yang ergonomis akan membantu membentuk struktur kaki bayi yang benar dan normal. Membantu dan menunjang proses berjalan pada bayi sesuai tahapan tumbuh kembangnya.

Tambahnya, ada sepatu khusus untuk bayi yang memiliki gangguan telapak kaki yang datar (ceper). Desain sepatu dibagian tengah ada bentuk ganjalan agar membentuk lekuk telapak kaki. “Gangguan ini dapat mempengaruhi jalan bayi seperti mudah jatuh,” pungkasnya. (qiw/vin)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!