Hadiah Rp21 Juta buat Anjing Buruk Rupa

BURUK RUPA: Megan Brainard bersama anjing miliknya bernama Zsa Zsa. Foto: Reuters

PETALUMA – Megan Brainard senang bukan kepalang. Anjingnya, Zsa Zsa, menjuarai kompetisi World’s Ugliest Dog 2018 pada Sabtu malam waktu setempat (23/6). Anjing sembilan tahun tersebut dinobatkan paling buruk rupa di dunia. Juga, English bulldog tersebut berhak atas hadiah US$1.500 atau sekitar Rp21 juta.
Jubir panitia Christy Gentry mengatakan, kompetisi tahunan itu biasanya dihelat pada Jumat malam. Tapi, khusus tahun ini, panitia menyelenggarakannya pada Sabtu malam. “Tujuannya hanya satu, yang menonton lebih banyak,” katanya seperti dilansir Fox News. Benar saja, Sonoma-Marin Fairgrounds yang menjadi arena kompetisi anjing-anjing jelek itu disesaki penonton pada Sabtu malam.
Lazimnya, sebuah kompetisi dihelat untuk menentukan yang terbaik. Misalnya, kompetisi anjing paling lucu, paling lincah, atau paling sehat. Lantas, mengapa kompetisi di Petaluma, Negara Bagian California, AS, tersebut justru menyematkan selendang juara kepada yang paling jelek?
“Ini bagian dari kampanye cinta anjing. Bukan hanya yang fisiknya sempurna yang layak dicintai dan dijadikan peliharaan,” kata Gentry. Associated Press melaporkan bahwa kompetisi tersebut diikuti anjing-anjing dengan penampilan fisik yang tidak sempurna. Misalnya, kepalanya botak atau bulu-bulu pada tubuhnya tidak tumbuh merata. Rata-rata, anjing-anjing peserta kompetisi juga selalu menjulurkan lidah.
“Melalui kompetisi ini, panitia ingin membangkitkan kesadaran masyarakat untuk memelihara segala jenis anjing. Bahkan, anjing yang paling jelek sekalipun berhak mendapatkan rumah yang layak dan kasih sayang yang penuh,” papar Gentry. Dalam kompetisi tersebut, panitia juga mengampanyekan program adopsi anjing untuk dijadikan binatang peliharaan. Bukan membelinya dari pet shop.
Brainard pun mengadopsi Zsa Zsa setelah menemukannya dalam sebuah situs pencarian binatang peliharaan. Dengan mengadopsi anjing sebagai hewan peliharaan, menurut Gentry, si pemilik akan punya keterikatan emosi dengan binatang tersebut. Dengan demikian, kecenderungan untuk menganiaya atau menelantarkannya akan lebih minim.
Seperti kompetisi pada umumnya, anjing-anjing buruk rupa yang mengikuti kontes World’s Ugliest Dog 2018 pun dipersilakan untuk berlenggak-lenggok di atas catwalk. Di atas hamparan karpet merah, tepatnya. “Ada tim juri yang bertugas menilai kekompakan anjing peserta kompetisi dan pemiliknya,” terang Gentry.
Sabtu malam itu ada beberapa bulldog selain Zsa Zsa yang mengikuti kompetisi. Ada juga anjing Peking dan mutt. Tahun lalu pemenang kontes anjing buruk rupa adalah Martha. Anjing berjenis neapolitan mastiff itu berbobot 57 kilogram dan memiliki pipi yang menggelambir. Pada tahun sebelumnya, pemenang kompetisi adalah Sweepee Rambo, seekor chihuahua. (hep/c11/oki)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!