Hadiri Sidang EPOC, Dodi Siap Yakinkan Uni Eropa

Sawit Muba. foto: yudi afriandi sumeks.co.id

SEKAYU – Beban berat diemban Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin. Orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate itu, harus menyakinkan buyer Uni Eropa kelapa sawit Kabupaten Muba, tidak merusak lingkungan.

Pasalnya, Dodi Reza diundang dan ditunjuk menjadi pembicara (speaker) di sidang Uni Eropa Palm Oil Conferensi (EPOC) di Spanyol pada 3-4 Oktober mendatang.

Di Uni Eropa, kalau kelapa sawit Kabupaten Muba khususnya dan Indonesia umumnya, melakukan perambahan dan pembakaran hutan. Lalu melakukan eksplorasi pekerja anak di bawah umur serta kualitas bibit kelapa sawit buruk.

Uni Eropa pun, mengeluarkan resolusi larangan ekspor kelapa sawit dari Indonesia. “Banyak orang dan petani glagapan dan banyak usaha mati,” kata Dodi.

Dodi akan membantah dan tidak benar isu Uni Eropa mengenai kelapa sawit Kabupaten Muba khususnya dan Indonesia umumnya. Buktinya Kabupaten Muba telah melakukan pengolahan kelapa sawit secara berkelanjutan.

Yakni mengutamakan aspek-aspek pemeliharaan lingkungan. Dengan melakukan peremajaan (replanting) kelapa sawit milik petani, pertama kali di Indonesia. Peremajaan itu, pertama kali dilakukan di Indonesia. (yud)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!