Haid Hacks Datang, Aduuhh..

Sebagai tamu yang rutin datang setiap bulannya, haid memang udah jadi hal yang rutin kalian temui generasi Z. Tapi, kalau lagi ribet dan nggak in the mood banget, haid bisa jadi hal yang nyebelin banget lho buat dihadapin. Seperti, perut kram atau bagian organ tubuh yang sensitif sakit, belum lagi repot bolak-balik ke kamar mandi buat ngecek keadaan. Duh! Generasi Z, haid hacks emang bikin ribet, kuy kenali hacks di bawah ini. Let’s see…

Di usia remaja, haid biasanya datang belum pada periode yang sama di tiap bulannya. Buat tau tanggal-tanggal kalian haid, ada baiknya kaliankudu install aplikasi seperti Flo buat menghitung waktu yang pasti kapan haid akan datang setiap bulannya.
Beberapa remaja wanita sering mengeluhkan beberapa permasalahan terkait siklus menstruasinya. Terutama rasa nyeri serupa kram di bagian perut bawah ketika menjelang ataupun selama haid. “Nyeri kram perut bawah menjelang ataupun saat menstruasi ini dikenal dengan istilah Dismenore. Nah, dismenore ini bisa dibedakan menjadi dua macam, Dismenore Primer, dan Dismenore Sekunder. Dismenore Primer itu rasa nyeri kram perut bawah saat haid yang tidak disebabkan oleh adanya penyakit ginekologi atau organ reproduksi yang mendasarinya. Sementara Dismenore Sekunder itu sebaliknya, nyeri kram perutnya disebabkan oleh adanya penyakit ginekologi yang diderita oleh wanita tersebut, misalnya yang paling sering itu endometriosis atau kista,” tutur dr. Ziske Maritska, M.Si.Med., Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya.
Berbagai dampak yang dialami saat mengalami haidbervariasi di masing-masing wanita. Ada yang biasa saja dan tidak merasakannya, namun ada juga yang merasakan nyeri amat hebat dan menyiksa. Jika mengalami nyeri yang berlebihan sehingga nggakaktifitas yang dilakukan menjadi terhambatmaka generasi Z harus segera konsultasi ke dokterya. Lalu ada juga PMS, yang merupakan singkatan dari Premenstrual Syndrome. PMS ini merupakan suatu sindroma yang timbul ketika wanita mendekati masa datang bulannya. Gejala yang timbul adalah gejala mood, diantaranya adalah depresi, cemas, mudah marah, labil, dan lain sebagainya. PMS ini terjadi akibat adanya perubahan kadar hormon pada tubuh wanita menjelang siklus haid.
Untuk mengurangi keluhan yang timbul saat siklus haid seperti dismenore, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukanlho generask Z.Cobalah untuk tetap melakukan olahraga ringan seperti jogging, atau berjalan kaki, berenang daripada terus berbaring. Sekedar stretching, meregangkan dan menggerakkan pinggang pun juga cukup membantu. Atau bisa juga kompres perut kalian dengan air hangat. Bisa menggunakan handuk yang dibasahi dengan air hangat, lalu letakkan di atas perut atau pinggang.

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!