Hanya 1-0, Swedia Singkirkan Swiss

Emil Forsberg merayakan golnya. Foto: REUTERS / Max Rossi

Swedia berhasil mengalahkan Swiss 1-0 di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Hasil ini mengantarkan Swedia melaju ke babak perempatfinal. Timnas Swedia berhak melaju ke perempat final Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Swiss 1-0 pada laga babak 16 besar yang digelar di Saint Petersburg, Selasa (3/7). Pertandingan berjalan dengan tempo sedang di babak pertama. Kedua tim yang sebelumnya tampil spartan di fase grup kali ini lebih berhati-hati dan tidak bermain agresif. Alhasil, tak banyak peluang tercipta dan laga lebih banyak berkuat di lini tengah.

Pertarungan mulai sengit setelah memasuki menit ke-25. Swiss mendapat peluang melalui Steven Zuber. Sayang, Zuber gagal menuntaskan umpan silang Xherdan Shaqiri. Tandukannya masih melambung di atas mistar. Swedia berbalik menekan pada menit ke-28 lewat aksi Marcus Berg. Sayangnya tendangan voli kaki kiri Berg yang mengarah ke pojok kanan gawang masih mampu ditepis Yann Sommer. Tendangan keras Emil Forsberg menghunjam gawang Yann Sommer. Swiss berbalik mengancam pada menit ke-39 melalui umpan silang dari Steven Zuber di sisi kiri, tapi sambutan Josip Drmic masih melambung tipis.

Swedia memiliki peluang emas di menit-menit akhir lewat tendangan bebas Emil Forsberg dan Albin Ekdal. Sayang tendangan Forsberg masih melenceng tipis, sementara sontekan Ekdal di depan gawang masih melambung di atas mistar. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum. Kedua tim masih kesulitan mencetak gol di awal babak kedua. Serangan yang dibangun Swedia dan Swiss kerap terhenti di wilayah sepertiga akhir atau sebelum memasuki kotak penalti.

Swedia akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit ke-66. Sodoran Ola Toivonen di depan kotak penalti langsung disambar tendangan keras Forsberg. Bola sempat mengenai kaki Manuel Akanji sebelum meluncur deras ke gawang Yann Sommer. Swiss berupaya keras untuk menyamakan kedudukan. Skuat arahan Janne Andersson gencar menekan wilayah pertahanan Swedia.

Kedudukan nyaris berubah menjadi sama kuat pada menit ke-80. Tendangan penjuru Swiss menghadirkan situasi kemelut ketika bola mengenai pundak Mikael Lustig yang justru memantul ke arah gawang sendiri. Beruntung bola masih masih bisa disapu Forsberg yang berdiri di depan gawang.

Swiss nyaris mencetak gol di masa injury time. Amat disayangkan sundulan deras Haris Seferovic di menit ke-91 masih bisa ditangkap Robin Olsen. Swedia mendapat peluang terakhir melalui tendangan bebas Ola Toivonen. Namun, tendangannya masih bisa dibaca Yann Somer dan wasit meniup peluit panjang tanda laga berakhir. Dengan demikian, Blaugult resmi melaju ke perempat final dan akan berhadapan dengan pemenang duel Kolombia vs Inggris.

Susunan Pemain

Swedia (4-4-2): Robin Olsen; Ludwig Augustinsson, Andreas Granqvist, Victor Lindelof, Mikael Lustig; Emil Forsberg, Albin Ekdal, Gustav Svensson, Viktor Claesson; Ola Toivonen, Marcus Berg.

Swiss (4-2-3-1): Yann Sommer; Ricardo Rodriguez, Manuel Akanji, Johan Djourou, Michael Lang; Granit Xhaka, Valon Behrami; Steven Zuber (Breel Embolo, 73′), Blerim Dzemaili (Haris Seferovic, 73′), Xherdan Shaqiri; Josip Drmic.

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!