Hendak Nikah, Cucu Kaisar Jepang Lepas Status Bangsawan

Putri Mako. Foto: Reuters/Jorge ardono

Kabar bahagia datang dari Kerajaan Jepang. Cucu tertua Kaisar Akihito, Putri Mako (25), bakal melepas masa lajang. Meski demikian, jodoh Mako bukanlah keluarga bangsawan, tetapi warga biasa bernama Kei Komuro (25). Mereka berjumpa di sebuah restoran di Shibuya. Bahkan keduanya sama-sama kuliah di Universitas Kristen Jepang pada 2012. Sejak saat itu mereka kerap berkencan.

Keputusan Mako juga membawa dampak. Dia bakal kehilangan status keluarga kerajaan karena memilih menikahi Komuro. Dia kabarnya sudah memperkenalkan Komuro kepada keluarga besarnya dan mereka setuju akan mengumumkan rencana pernikahan itu bulan depan. Namun, Komuro masih malu-malu mengungkapkan rencana itu. “Kalau waktunya tepat saya akan membicarakannya,” kata Komuro, seperti dilansir dari laman FOX News, Kamis (18/5).

Komuro bekerja sebagai seorang staf bagian hukum. Namun, dia hobi bermain ski, memasak, dan bermain biola. Dia juga pernah menjadi duta pariwisata Prefektur Kanagawa, dengan julukan ‘Pangeran Laut’.

Tradisi kekaisaran Jepang tidak sama dengan kerajaan di Eropa. Mereka amat tertutup, meski kerap muncul di publik. Bahkan, mendiang Kaisar Hirohito tak pernah sekalipun berbicara di depan masyarakat. Prosesi pernikahan keluarga kaisar cukup banyak dan berbelit.

Hanya saja zaman terus berubah. Masyarakat Jepang kini menginginkan keluarga kekaisaran lebih terbuka dan kekeluargaan. Mereka sangat ingin pernikahan Putri Mako bisa dirayakan sebagai pesta rakyat. (fox/int)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!