Heroik! Kaca Lepas, Pilot Ini Mampu Mendaratkan Pesawat dengan Selamat

Kondisi pesawat Airbus A319 setelah mendarat dengan selamat. Foto: Chengdu BD

SHANGHAI – Liu Chuanjian dielu-elukan sebagai pahlawan. Pilot Sichuan Airlines tersebut mampu mendaratkan pesawat secara manual dan berhasil menghindari petaka. Pesawat Airbus A319 yang dia kemudikan itu mengalami masalah. Salah satu kaca di kokpit tiba-tiba terlepas. Hampir separo tubuh kopilot tersedot ke luar. Untung, dia memakai sabuk pengaman sehingga tetap selamat.

Reuters melansir, pesawat dengan nomor penerbangan 3U8633 itu Senin (14/5) dijadwalkan terbang dari Chongqing menuju Lhasa, Tibet. Saat pesawat terbang selama 30 menit dan mencapai ketinggian 32 ribu kaki, tiba-tiba terdengar bunyi yang memekakkan telinga. Tekanan di kokpit menghilang dan temperatur turun. Saat menoleh, Liu baru mengetahui bahwa kondisi itu disebabkan hilangnya salah satu kaca.

“Semua yang ada di dalam kokpit mengambang di udara. Mayoritas peralatan tidak berfungsi dan saya tidak bisa mendengar radio,” tegas Liu. Pesawat itu juga bergetar begitu hebat sehingga sulit bagi Liu membaca jarak dan berbagai keterangan lain. Dia akhirnya memutuskan untuk mendarat darurat secara manual di Chengdu.

Kopilot yang tersedot itu hanya lecet-lecet dan pergelangan tangannya terkilir. Selain itu, ada satu pramugari yang terluka. Sedangkan 119 penumpang dan kru sisanya berhasil selamat tanpa luka. (sha/c11/dos/ce2)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!