High Speed Track

SIAP DIGELAR: Bupati OI, Ilyas Pandji (batik) dan Ketua PP IMI Sadikin Aksa beri keterangan pada awak media di Griya Agung, (11/8). Foto: IMI Sumsel

PALEMBANG – Para pembalap reli terbaik Tanah Air hadir di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Seri 1 2017 di Inderalaya, Ogan Ilir (OI), 18-20 Agustus nanti. Di antaranya Subhan Aksa (Sulsel), Priamanaya Djan (Sulsel), Adian AP Harahap (Sumut), Benny Lautan (Sumut), serta Sadikin Aksa (Sulsel).

Menurut Sadikin Aksa yang kini jabat ketua umum Pengurus Pusat (PP) Ikatan Motor Indonesia (IMI), Sirkuit Inderalaya punya keunikan tersendiri. “Kami lihat treknya high speed. Ya, bisa-bisa dalam kondisi tikungan kecepatan pembalap bisa mencapai 100 km/jam,” kata Sadikin, sapaan akrabnya, usai jumpa pers di Griya Agung, Jumat (11/8) sore. Turut hadir Bupati Ogan Ilir H M Ilyas Panji Alam, Ketua IMI Sumsel Augie Bunyamin, Ketua Panitia Anto Bambang Utoyo dan para pengurus IMI Sumsel.

“Bahkan lebih cepat dari dua sirkuit lain yang akan menjadi tuan rumah seri kedua dan ketiga di Makassar (13 –15 Oktober) dan Medan (24–26 November). Kami dari IMI memberikan apresiasi pada pemerintah OI,” tambah dia.

Usai kejurnas PP IMI mempersiapkan Sumsel menjadi tuan rumah kejuaraan Asia Pasifik dan dunia. Kejuaraan dunia reli terakhir di Indonesia 1997.

“Juli kemarin kami melakukan kunjungan di Jenewa, Swiss untuk bisa ditinjau tahun depan agar event ini bisa membawa ke seri dunia. Bukan hanya pengurus reli dunia, namun para pembalap juga ingin kejuaraan dunia kembali dilaksanakan di kawasan Asia dan mereka sudah kenal Indonesia. Tahun lalu sudah akan dilaksanakan di Cina namun batal karena banjir,” terang dia.

Baca Juga :  Wow... Pereli Kaltim Borong Dua Gelar

Sementara itu, Bupati OI H M Ilyas Panji Alam mengatakan pemerintah OI siap membantu pelaksanaan. ”Kami merasa tersanjung karena OI menjadi tempat kejurnas seri pertama. Harapan kami Inderalaya dapat memperkenalkan OI dalam hal positif. Mudah-mudahan dapat langsung dibuka Pak Gubernur (Alex Noerdin) dan didampingi Pangdam II Sriwijaya, 19 Agustus nanti,” terang Ilyas.

Ditambahkan Anto Bambang Utoyo, ketua panitia pelaksana, sirkuit Inderalaya, punya tiga karakter tanah, lumpur, pasir dan tanah hitam. “Jelas jadi keunikan tersendiri. Kalau orang balap mempersiapkan bannya sesuai dengan spek,” terang dia.

Augie Bunyamin, ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) IMI Sumsel menambahkan, sirkuit Inderalaya berada di sebelah Kompleks Perkantoran Bupati Tanjung Senai. “Untuk jarak ada dua perlombaan sprin reli 13,5 km start Sabtu (19/8) dan speed reli start Minggu (20/8) dengan jarak tempuh 140,68 km terbagi dalam 10 special stage,” terang dia.

“Peserta sudah daftar 34 tim. Besok (hari ini, Red) kendaraan pembalap sudah hadir. Bahkan H-4 para pembalap sudah jajal sirkuit namun belum menggunakan kendaraan balap resmi,” tukas dia. (cj11/ion/ce2)

Jadwal Kejurnas Speed Rally
Putaran 1 18 – 20 Agustus 2017 Ogan Ilir
Putaran 2 13 – 15 Oktober 2017 Makassar
Putaran 3 24 – 26 November 2017 Medan

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!