Hino Dominasi Pasar MDT

JAKARTA – Pasar kendaran komersial mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. Tercatat selama periode Januari-Mei ini, pasar kendaraan komersial segmen medium duty truck (MDT) terjual 15.035 unit atau naik 49 persen dibandingkan periode yang sama 2017. Sedangkan light duty truck (LDT) naik 23 persen dari 25.020 unit menjadi 30.655 unit.

Hino yang jadi matket leader segmen MDT selama 18 tahun terakhir juga merasakan manisnya kenaikan pasar ini. Total penjualan Hino semua kategori mencapai 15.250 unit atau tumbuh 33 persen dibandingkan Januari-Mei 2017. Terbanyak kontribusi dari MDT melalui Ranger yang terjual 9.192 unit atau naik 52 persen, membuat Hino menguasai pasar MDT dengan 61 persen pangsa pasar.

Sementara kelas ringan, Dutro juga meningkat dari 5.311 unit jadi 6.058 unit tumbuh 14 persen. “Semester kedua nanti kami akan lebih agresif, khususnya untuk Dutro,” ujar Santiko Wardoyo, Director Sales and Promotion Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), kemarin. Di segmen bus juga mengalami peningkatan, dari 589 unit menjadi 621 unit tunbuh 5 persen. “Di GIIAS nanti kami akan mengenalkan varian RN bus matik yang lebih nyaman,” ungkapnya.

Soal Lebaran, pihaknya memiliki program Lebaran Service Campaign berupa diskon 30-50 persen untuk suku cadang seperti clutch system, brake system dan engine over haul (partial). Selain itu juga berupa diskon jasa pengerjaan dan free general check up. Kemudian tiap pembelian unit Dutro tipe tertentu diberikan gratis rear view camera dan emas 35 gram tanpa diundi. “Promo berlaku hanya Juni dan bukan untuk pembelian pemerintahan,” tambahnya.

Selain itu, untuk membantu kelancaraN arus mudik, pihaknya mendirikan 12 titik posko mudik yang tersebar di lintas Sumatera dan Jawa mulai 13-22 Juni. Posko beroperasional 24 jam untuk menunjang operasional bus yang membawa penumpang untuk mudik. Hiroo Kayanoki, Presdir HMSI menambahkan, layanan yang diberikan berupa konsultasi dan pemeriksaan gratis armada Hino serta servis darurat yang mengalami kendala.

Di Sumateta, posko terletak di Medan, Palembang, Lampung dan Merak. Sedangkan jalur Utara Jawa di Cipali, Cirebon, Pemalang, Waleri dan Selatan di Nagrej, Kebumen, Solo dan Ngawi. “Kami ingin memberi nilai lebih bagi pemudik dengan menyediakan posko ini, sehingga bus yang beroperasional selalu dalam kondisi prima, aman dan sampai tujuan dengan selamat,” imbuhnya.(rei)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!