Ican Belut Dituntut Mati, Andreas Seumur Hidup

Kedua terdakwa saat mendengarkan tuntutan hukuman di PN Palembang, Rabu (22/11). Foto: Alfery/Sumatera Ekspres

PALEMBANG- Dianggap terbukti melakukan tindak pidana pembunuhan berencana dan pemerkosaan terhadap korban, Putri (8) di kediaman kedua terdakwa, Irsan alias Ican Belut dan Andreas keduanya warga Jl Ki Merogan Lr Aman I Rt 23 Rw 09 Kelurahan Kertapati Kecamatan Kertapati dituntut berbeda oleh jaksa penuntut umum (JPU), M Purnama Sofyan SH.

Dimana, untuk terdakwa Irsan alias Ican Belut dituntut dengan pidana mati karena terbukti melakukan pembunuhan berencana sesuai dengan pasal 340 Jo asal 55 ayat 1 ke 1 KUHP tentang pembunuhan berencana dan turut serta melakukan pembunuhan.

Sedangkan untuk terdakwa, Andreas dituntut dengan pidana penjara seumur hidup sesuai pasal 340 Jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP sesuai perumusan dalam pasal 81 ayat 1 Jo pasal 76 D UU No 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU No 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak Jo pasal 56 ke 1,2 KUHP.

“ Keduanya memiliki peranan yang berbeda. Untuk Irsan kita tuntut dengan pidana mati dan tidak ada unsur yang meringankan. Sedangkan Andreas karena turut serta melakukan kita tuntutan dengan pidana penjara selama 20 tahun,” ujar Purnama saat membacakan tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Palembang, Rabu (22/11). (afi)

Baca selengkapnya di harian Sumatera Ekspres Kamis(23/11).

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!