INASGOC Kembali Buka Lowongan Volunteer

Erick Tohir dalam launching website pendaftaran volunteer volunteer.asiangames2018.id di Markas INASGOC Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/1). Foto: Kumaidi/Sumatera Ekspres

JAKARTA – Panpel Asian Games 2018 Jakarta-Palembang (INASGOC) kembali membuka lowongan tenaga sukarela alias volunteer. Lowongan kali ini khusus untuk mensupport kegiatan di games time, yakni 18 Agustus hingga 2 September 2018. Total kebutuhan volunteer selama kegiatan mencapai 13 ribu. Rinciannya, 11 ribu di Jakarta dan 2.000 ditempatkan di Palembang.

Ketum INASGOC, Erick Thohir menjelaskan, saat ini INASGOC sudah memiliki 1.574 volunteer dari pembukaan lowongan pada 18 September-23 Oktober 2017 lalu. Volunteer yang sudah tersedia ini akan ditugaskan mensukseskan test event selama Februari nanti. Tenaga mereka juga akan digunakan lagi saat games time. Oleh karena itu,
lowongan yang tersedia saat ini sisakan 11.624. Mereka harus melengkapi diri dengan persyaratan macam Kartu Tanda Penduduk, Surat Keterangan Catatan Kepolisian, dan lainnya.

“Asian Games memang harus memberikan manfaat dan legacy. Setelah sebelumnya ada Program Broadcast Legacy, kini keterlibatan masyarakat ada di volunteer. Untuk volunteer, sejak awal kita tidak pernah janjikan uang, gaji, dan lain-lain kepada volunteer. Tapi kita akan bantu untuk uang makan dan uang transportasi. Itu pun kalau kita ada partner bisa dipermudah dari makan dan transportasinya. Ini karena kita juga gak mau adik-adik mahasiswa dari luar daerah atau bahkan luar negeri terbengkalai. Karena itu volunteer tidak hanya kita training tapi juga kita support penuh kebutuhannya. Kita juga siapkan serebnya untuk antisipasi jika ada yang sakit saat games time,” ungkap Erick dalam launching website pendaftaran volunteer volunteer.asiangames2018.id di Markas INASGOC Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/1).

Lanjut Erick yang bos klub sepak bola Italia Inter Milan ini, para volunteer nanti juga rencananya akan dibekali internal Apps. Ini agar setiap volunteer mendapat informasi langsung. Para perekrutan baru ini juga akan dikawal oleh volunteer 1.574 yang tentu tak lama. Istilahnya ya mereka jadi training of trainer karena mereka mendapatkan pengalaman lebih dari yang baru direkrut ini. Mereka harus serabutan karena mereka garda depan sukseskan Asian Games. Kebutuhan volunteer ini akan dibagi dalam tiga kategori, protocol assistant, NOC Assisten, dan Liaison Officer. Penempatannya akan dialokasikan di 19 departemen seperti venue, medical dan doping control, media dan public relation, ceremonies, ticketing, catering, transportation, dan lainnya. (kmd)

Baca selengkapnya di Harian Sumatera Ekspres Jumat (19/1). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!