Uji Coba Bios 044 Diperluas

17 Feb 2017
56 kali dibaca
Dandim 0401/Muba. Letkol Czi Mulyadi didampingi Danrem 044 Gapo, Kol Inf Kunto Arief Wibowo saat menebar benih ke tambak yang sudah diberikan Bios 044, kemarin. Dandim 0401/Muba. Letkol Czi Mulyadi didampingi Danrem 044 Gapo, Kol Inf Kunto Arief Wibowo saat menebar benih ke tambak yang sudah diberikan Bios 044, kemarin. foto: Kris Samiadji/Sumeks.

PALEMBANG – Uji coba terhadap penggunaan Bios 044, hasil karya Korem 044 Garuda Dempo (Gapo) terus diperluas. Sebelumnya lebih pada sektor perikanan, sekarang mulai merambah ke sektor pertanian. Bahkan untuk sektor pertanian dan perikanan sedang disiapkan lahan seluas 200 Ha di Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Banyuasin. Hanya saja yang sudah digunakan baru 10 ha untuk tanaman padi.

“Total lahan yang disiapkan untuk uji coba Bios 044 ini di kawasan Mariana dan Air Sugihan mencapai 200 ha. Tapi yang sudah digunakan untuk tanaman padi seluas 10 ha,” kata Dandim 0401/Muba, Letkol CZI Mulyadi yang ditemui di sela-sela uji coba Bios 044 di Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, kemarin (16/2).

Menurutnya, awalnya penggunaan Bios 044 sendiri dilakukan untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Sumsel beberapa tahun lalu. Karena pada dasarnya, fungsi dari Bios 044 ini untuk menetralisasi kadar asam yang ada pada lahan gambut dan percepatan pemadaman api. Namun seiring waktu, juga coba dikembangkan untuk sektor perikanan, pertanian dan pertambangan.

“Kita lihat hasilnya cukup bagus. Sehingga lahan yang sebelumnya tidak bisa dimanfaatkan karena kadar asam dalam tanah yang tinggi, dinetralkan dengan Bios 044, sehingga bisa kembali digunakan oleh warga. Ke depan, akan kita coba untuk sektor pertambangan atau lahan hasil usaha pertambangan, tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Danrem 044 Gapo, Kol Inf Kunto Arief Wibowo mengatakan, banyak manfaat yang bisa didapat dari penggunaan Bios 044 tersebut. Bahkan selain untuk kesuburan tanah dan menekan kadar asam di tanah, juga bisa digunakan untuk penanganan karhutla yang ada di Sumsel. Dan yang paling penting, ini sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kalau ini berhasil, tentu kita juga akan merasa bangga. Karena sudah dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,’’bebernya. Apalagi, lanjutnya, luas lahan yang dimiliki di Sumsel ini sangat luas, namun tidak tergarap dengan baik karena terkendala tingginya kadar asam. Akibatnya, hasil pertanian kurang maksimal.

“Belum lagi, perikanan tidak bisa berkembang,” ulasnya. Untuk itu, melalui uji coba ini, diharapkan lahan yang sebelumnya tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, akan bisa digunakan setelah diuji coba dengan memakai Bios 044. “Semakin banyak lahan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat akan semakin baik,” tutupnya. (afi/via/ce4)

Get in touch

Harian Pagi Sumatera Ekspres 
Terbesar Disumatera Selatan
Gedung Graha Pena Jl. Kol H Burlian
No.773 KM.6,5 Palembang 30152
Telp : 0711 - 411768
Fax : 0711 - 420066

      

Terpopuler

Terkini

Suara Pembaca