Ramai-ramai Keruk Sungai

22 Okt 2015
13915 kali dibaca
Warga mendorong kapal motor di aliran Sungai Lematang yang mendangkal. Warga mendorong kapal motor di aliran Sungai Lematang yang mendangkal. heru febrian sumeks.co.id

PENDOPO - Musim kemarau panjang di wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), membuat beberapa sungai mulai mengalami pendangkalan, tak terkecuali Sungai Lematang yang membentang di perbatasan wilayah Bumi Serepat Serasan ini dengan Kota Prabumulih dan Kabupaten Muara Enim.

 

Informasi yang dihimpun di Desa Tanjung Dalam, Kecamatan Tanah Abang, PALI, tampak warga beramai-ramai melakukan pengerukan dengan peralatan seadanya, agar aliran sungai tersebut tidak lagi terjadi pendangkalan. Kapal motor yang biasa digunakan warga untuk menyeberang ke Kota Prabumulih terpaksa didorong karena air sungai mendangkal.

Kepala Desa Tanjung Dalam, Baharni mengatakan bahwa dirinya memang sengaja mengerahkan seluruh warganya agar bisa bahu membahu melakukan pengerukan di aliran Sungai Lematang yang sudah mengalami pendangkalan sejak sebulan terakhir, akibat belum kunjungnya hujan turun.

"Ironisnya kedangkalan sungai ini persis berada di depan pengambilan air bersih milik PDAM Kota Prabumulih. Dulu mereka berjanji apabila ada kedangkalan Pemerintah Kota Prabumulih akan membantu mendalami sungai tersebut. Namun apa daya sampai saat ini surat perjanjian tersebut tidak dihiraukan lagi walaupun sudah ditagih berualang kali," ujarnya. (ebi)

Get in touch

Harian Pagi Sumatera Ekspres 
Terbesar Disumatera Selatan
Gedung Graha Pena Jl. Kol H Burlian
No.773 KM.6,5 Palembang 30152
Telp : 0711 - 411768
Fax : 0711 - 420066

      

Terpopuler

Terkini

Suara Pembaca