Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap DK PBB, Jokowi Puji Diplomat

Jokowi memberikan keterangan pers terkait terpilihnya Indonesia jadi anggota tidak tetap DK PBB di Istana Presiden Bogor, Selasa (12/6). foto: biro setpres

BOGOR – Terpilihnya Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB (2019-2020) disyukuri Presiden Joko Widodo.

Menurut mantan gubernur DKI Jakarta ini, terpilihnya Indonesia bentuk kepercayaan masyarakat internasional kepada Tanah Air.

Presiden yang beken disapa Jokowi itu sudah menerima laporan Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi.

“Alhamdulillah, perolehan suara yang sangat signifikan dari pemilihan tersebut, yaitu 144 suara dari 190 suara yang diperebutkan,” kata Jokowi dalam pernyataan resminya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (12/6).

Jokowi menyebutkan bahwa keberhasilan ini merupakan kerja keras para diplomat Indonesia selama ini dan dukungan yang diberikan oleh para negara sahabat.

Presiden juga mengatakan bahwa kampanye yang dilakukan Indonesia di komunitas internasional tidak dengan menghamburkan uang.

Namun, lebih mengedepankan rekam jejak dalam pergaulan internasional.

“Kampanye Indonesia ini dilakukan dalam jangka yang panjang, dilakukan secara bersih, tidak menghamburkan uang, dan lebih mengedepankan rekam jejak kita, rekam jejak Indonesia, dan visi Indonesia untuk Dewan Keamanan PBB,” ucapnya.

Dengan masuknya Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, Indonesia nantinya akan memiliki kekuatan tersendiri dan memiliki keterlibatan dalam tiap perumusan kebijakan Dewan Keamanan PBB.(fat/dom/jpnn)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!