Inggris Singkirkan Swedia 2-0

Dele Alli merayakan golnya. Foto: REUTERS/Dylan Martinez

Inggris lolos ke semi final Piala Dunia 2018, setelah mengalahkan Swedia 2-0 dalam laga perempat final di Samara Arena, Sabtu (07/07) malam. Gol kemenangan Inggris dicetak pemain belakang Harry Maguire di menit 31 dan Dele Alli di menit 59. Kedua gol tercipta melalui tandukan kepala. Di semi final, Inggris akan menghadapi pemenang laga tuan rumah Rusia melawan Kroasia yang digelar pada Minggu (08/07) dini hari.

Pada laga kali ini Swedia dan Inggris sama-sama mengincar tiket semifinal yang hampir 25 tahun tak pernah mereka dapatkan. Untuk mengincar kemenangan ini pelatih Swedia Janne Andersson memakai formasi klasik 4-4-2, sebaliknya pelatih Inggris Gareth Southgate masih menggunakan formasi andalannya 3-5-2.

Inggris mendapatkan kesempatan pertama mencetak gol pada menit 7 ketika memberikan Dele Alli umpan kepada Harry Kane di kotak penalti. Tapi Robin Olsen sigap ia memotong umpan itu dan berhasil menyelamatkan gawangnya. Harry Kane nyaris mencetak gol pertamanya di laga kali ini. Peluang di menit ke-19 ini berawal saat Kane menerima umpan dari Reheem Sterling di depan kotak penalti. Kane langsung melepaskan tendangan keras, namun arahnya masih melenceng tipis di samping kanan gawang Olsen.

Inggris kembali mengancam. Kieran Trippier yang bergerak di kotak penalti Swedia berhasil melepaskan tendangan keras mendatar ke gawang. Peluang itu masih bisa digagalkan oleh Olsen. Sampai dengan menit ke-29 Inggris terus memberikan tekanan. Upaya pasukan Southgate ini akhirnya membuahkan gol. Berawal dari umpan sepak pojok dari Ashley Young, Harry Maguire memenangkan duel udara dan langsung melakukan sundulan akurat. Bola bergulir ke gawang tanpa bisa dibendung Robin Olsen. Inggris unggul 1-0 di menit ke-30. Inggris menjadi tim kedua setelah Jerman yang bisa mencetak gol ke gawang Swedia sejauh ini di Piala Dunia 2018.

Starling nyaris mendapatkan gol pertamanya di laga kali ini. Ia berhasil menguasai bola dan berhadapan dengan kiper tapi gagal mengkonversi menjadi gol. Alhasil sampai akhir laga babak pertama skor tetap 0-1.

Memasuki babak kedua, Swedia langsung menggebrak begitu peluit pertama berbunyi. Mereka melakukan serangan bertubi-tubi untuk menekan pertahanan Inggris. Peluang emas pertama didapat Swedia di menit ke-47. Umpan silang Ludwig Augustinsson diteruskan dengan sundulan keras oleh Marcus Berg ke pojok kanan gawang Inggris. Tapi kiper Jordan Pickford melakukan penyelamatan gemilang. Sambil menjatuhkan badan dia menepis bola dengan tangan kiri dan selamatlah gawang Inggris.

Inggris memperbesar keunggulan jadi 2-0 di menit ke-59. Dele Alli yang lolos dari kawalan bek Swedia berhasil menyundul masuk umpan terukur yang dilepaskan oleh Jesse Lingard dari luar kotak penalti. Di menit ke-62, Swedia nyaris mempercil ketinggalan. Victor Claesson menyambar masuk bola umpan silang Marcus Berg. Tapi Pickford masih bisa menepis bola dengan tangan kanan. Bola rebound kembali disambar oleh Claesson, tapi mampu diblok oleh Jordan Henderson.

Kiper Jordan Pickford untuk ketiga kalinya melakukan penyelamatan gemilang. Kali ini dia berhasil menepis bola melewati mistar gawang dari tembakan kaki kiri Marcus Berg dari dalam kotak penalti di menit ke-72. Pertandingan berjalan menarik di menit-menit akhir ketika kedua tim silih berganti melakukan serangan. Namun kondisi fisik yang sudah kelelahan dan menurunnya konsentrasi membuat penyelesaian akhir yang mereka lakukan gagal berbuah gol. Tak ada lagi gol yang tercipta hingga wasit meniup peluit akhir. Inggris memenangi pertandingan dengan skor 2-0 dan lolos ke semifinal.

Susunan Pemain:

Swedia: Robin olsen, Andreas Granqvist, Victor Lindeloef, Ludwig Augustinsson, Emil Kraft, Sebastian Larson, Albin Ekdal, Emil Forsberg, Victor Claesson, Marcus Berg, Ola Toivonen

Inggris: Jordan Pickford, Ashley Young, Kyle Walker, kieran Trippier, Harry Maguire, John Stones, Jordan Henderson, Dele Alli, Jese Lingard, Harry Kane, Raheem Sterling

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!