Inginkan Pemilu Online

ANTIGOLPUT: Ratusan pemilih pemula yang menjadi peserta Goes to School di SMAN 17 Palembang berfoto bersama Ahmad Naafi, S.H.,M.Kn,. dan para dwwan guru yang mendampingi. Foto: Ryan Netizen/Sumatera Ekspres

Roadshow kedua KPU Goes to School kembali dilaksanakan Jumat  (13/4) kali ini, SMA Negeri 17 Palembang yang menjadi tuan rumah. Ratusan pemilih pemula yang berstatus sebagai pelajar dari berbagai sekolah di sekitarnya terlihat antusias menerima materi yang disampaikan pihak KPUD Provinsi Sumatera Selatan. Ialah Ahmad Naafi SH.M.Kn, Komisioner KPUD Provinsi Sumatera Selatan yang menjadi narasumber utama dalam sosialisasi kali ini.
Untuk memacu semangat para peserta yang hadir, Ahmad Naafi, SH. MKn didampingi perwakilan siswa mempraktekkan yel-yel KPU dan Non Golput. Aksi mereka ini diikuti oleh ratusan siswa lainnya dan berhasil memacu semangat para peserta yang hadir. Selanjutnya kata sambutan disampaikan oleh Parmin, S.Pd MM, Kepala SMA Negeri 17 Palembang. Dalam kesempatan tersebut Parmin menyampaikan bahwa ia begitu memahami anak didiknya merupakan generasi Z, yang memiliki karakter unik. “Oleh sebab itu, sosialisasi ini diperlukan agar para siswa yang termasuk pemilih pemula sadar akan hak dan kewajiban mereka di Pilkada 2018 dan Pemilu 2019” tuturnya.
Hal menarik terjadi usai Ahmad Naafi menyampaikan materinya dan masuk ke sesi tanya jawab. Pertanyaan pertama datang dari M. Rian Hidayat, siswa SMAN 17 Palembang. Ia bertanya terkait adakah kemungkinan peralihan metode pemungutan suara untuk pemilu ataupun pilkada yang selama ini dilakukan secara manual menjadi online “menurut saya akan lebih efektif dan efisien apabila pemungutan suara dilakukan secara online, terlebih bagi seseorang yang berdomisili di wilayah yang berbeda dengan alamat KTPnya. Sangat disayangkan apabila ada suara yang tidak digunakan lantaran terkendala jarak dan waktu” ungkap rian menyambung pertanyaannya.
Rupaya, pertanyaan tersebut disambut gembira oleh Ahmad Naafi. Beliau juga menuturkan bahwa rencana pemungutan suara memang saat ini sedang dirintis dan dalam tahap penyempurnaan. Dalam pilkada/pemilu yang akan datang, diharapkan pemilihan suara secara online sudah dapat dilaksanakan. “Saat ini pemerintah sedang dalam tahap penyempurnaan data, itulah mengapa saat ini masyarakat harus memiliki E-KTP agar sistemnya terintegrasi dan memudahkan proses pemilu atau pilkada online nantinya. Saat ini yang terpenting kami sedang dalam tahap penyempurnaan data tersebut dan kedepannya tentu Pilkada/pemilu secara online dapat dilaksanakan” jelas Ahmad Naafi.
Berlangsungnya acara KPU Goes To School merupakan hasil kerjasama KPUD Sumsel dengan Zetizen Sumatera Ekspres ini dinilai begitu bermanfaat. Tidak hanya untuk pemilih pemula, bahkan untuk para guru-guru yang hadir dalam acara ini. “Dari materi yang disampaikan oleh pihak KPUD Sumatera Selatan tadi, saya juga mendapatkan banyak pengetahuan baru terkait Pilkada dan Pemilu ini. Saya yakin, anak-anak pasti juga mendapatkan banyak sekali informasi yang berguna terkait penggunaan hak pilihnya nanti.” tutur Dra. B Sri Sukati, Guru BK SMA Xaverius 2 Palembang. (hnr)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!