Ini Beragam Manfaat Bekatul

Pelatihan manfaat bekatul. foto: quata aqda sumeks.co.id

PANGKALAN BALAI – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementan melalui Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian mempromosikan bekatul (bagian terluar dari bagian bulir yang terbungkus oleh sekam) kepada masyarakat.

Seperti diketahui bekatul adalah model bioindustri padi, dimana para petani tidak menghasilkan beras berkualitas sebagai produk utama, tetapi juga dimanfaatkan hasil samping dari beras yaitu sekam, pupuk biosilika, dan lain sebagainya.

“Kita promosikan bekatul ini kepada masyarakat terutama di Kabupaten Banyuasin ini, karena Banyuasin ini merupakan lumbung pangan nasional, terutama di Sumsel,” kata Rudy Tjahjohutomo, Perekayasa Utama BB Litbang Pascapanen ketika ditemui usai Pelatihan Pemanfaatan Bekatul Padi Menjadi Produk Pangan di Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian Sembawa, Selasa (8/5).

Diakuinya kalau sebagian besar masyarakat belum banyak mengetahui mengenai bekatul. Oleh karena itu, dengan diadakan kegiatan ini, maka bakatul mulai dapat dikenal, sehingga dapat dikonsumsi oleh masyarakat.

“Karena bekatul ini dijadikan makanan yang bergizi buat masyarakat, apalagi dapatĀ  mencegah penyakit kanker usus, jantung koroner, kegemukan, diabetes, dan masalah pencernaan,” bebernya. (qda)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!