Ini Calon Pembalap MotoGP Malaysia

Hafizh Syahrin. foto: The Star

SELANGOR – Negeri Jiran Malaysia ternyata memiliki rider tangguh yang akan mengarungi balapan di MotoGP. Adalah Hafizh Syahrin yang tinggal selangkah lagi┬ábisa menembus persaingan ketat MotoGP. Rider tim Sepang International Circuit (SIC) Moto2 tersebut dipastikan akan turun pada uji coba pramusim MotoGP kedua di Thailand pekan depan bersama Tech 3-Yamaha.

Syahrin bakal menggantikan posisi Yonny Hernandez yang pada uji coba pertama di Sepang dipanggil tim Tech3-Yamaha untuk mengisi kursi pembalap utama Jonas Folger. Pembalap Jerman itu memutuskan mengundurkan diri dari MotoGP 2018 karena alasan kesehatan.

Untuk bisa menjajal motor MotoGP pada sesi uji coba resmi pramusim bukan perkara gampang. Tidak sembarang pembalap bisa mendapatkan kesempatan ini. Syahrin adalah pembalap Asia Tenggara pertama yang bisa menunggang motor di kelas para raja tersebut. Kabarnya, Tech3 baru akan memutuskan nasib setelah mengevaluasi hasil uji coba tiga hari tersebut.

Sejauh ini, Tech3 memang baru mengonfirmasi bahwa pembalap 23 tahun tersebut hanya akan turun pada sesi uji coba. Ini akan menjadi pertaruhan besar bagi Syahrin lantaran posisinya di tim SIC Petronas sudah digantikan pembalap senior Malaysia, Zulfahmi Khairuddin untuk musim 2018. Jika tak jadi membalap untuk Tech3, dia harus menunggu satu musim untuk kembali ke Moto2.

Baca Juga :  Perusahaan Otomotif ini Raih Corporate Image Award

”Setelah tes Sepang, kami melakukan banyak pertemuan dan sudah diputuskan bahwa Hafizh Syahrin adalah pilihan bagus untuk Monster Yamaha Tech3,” ujar Bos Tech3 Yamaha Herve Poncharal.

Dia percaya, Syahrin mampu memberikan yang terbaik untuk timnya, sehingga hasil uji coba tersebut akan dijadikan pertimbangan utama dalam melanjutkan kerja sama.

Syahrin sudah menjadi pembalap penuh Moto2 untuk empat musim terakhir. Selama itu pula dia sudah meraih tiga podium. Dengan dukungan SIC dan Petronas, Syahrin kini punya peluang menjadi pembalap penuh musim MotoGP. ”Saya akan melakukan yang terbaik selama tiga hari di Thailand. Bagi saya, ini adalah sebuah mimpi yang menjadi kenyataan bisa mengendarai motor MotoGP,” harapnya.

Uji coba pra musim kedua MotoGP di Buriram, Thailand akan berlangsung 16-18 Februari. Ini adalah peluang emas bagi Syahrin untuk menunjukkan potensinya sebagai pembalap yang layak membalap di kelas MotoGP.

Karena Sirkuit Chang Internasional baru kali pertama dipakai untuk uji coba MotoGP. Tidak ada satu pun tim dan pembalap MotoGP yang pernah membalap di sana. Semua pembalap akan memulai dari titik nol. (cak)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!