Ini Cara Kemenpora Tumbuhkan Cinta Olahraga Tradisional

Salah satu peserta Festival Olahraga Tradisional Nasional di Jambi. foto: istimewa

JAMBI – Olahraga tradisional sudah jarang ditemui. Nasibnya hampir punah. Ini karena anak muda zaman now lebih suka memegang handphone ketimbang berolahraga atau bermain yang menuntut banyak pergerakan tubuh.

Nah, apa yang dilakukan Kemenpora ini pantas diapresiasi. Berawal dari keresahan terancam luangnya olahraga tradisional, kementerian pimpinan Imam Nahrawi itu berusaha menumbuhkan ketertarikan anak muda dengan olahraga tradisional. Caranya,
dengan menggelar Festival Olahraga Tradisional tingkat nasional.

Sabtu (7/7) malam, program binaan Deputi III Kemenpora Raden Isnanta itu menyapa Jambi. Antusiasmenya luar biasa. Mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa, tumplek blek di lapangan Kantor Gubernur Jambi. Jumlahnya ada ribuan.

“Anak-anak sekarang lebih suka main handphone daripada menggerakkan badannya berolahraga. Beda dengan zaman kami yang setiap hari bermain sambil olahraga tradisional seperti hadang. Dengan adanya festival ini mudah-mudahan olahraga tradisional kembali tumbuh dan berkembang,” ungkap Sumiati, orang tua dari Kasih, siswa SD 26 Kota Jambi yang jauh-jauh datang dari Kecamatan Danau Sipin untuk mensupport anaknya ikut senam massal dalam acara pembukaan Festival Olahraga Tradisonal.

Raden Isnanta yang membuka event ini berharap Festival Olahraga Tradisional ini benar-benar dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, bukan hanya di Jambi tapi seluruh pelosok negeri. Sekalipun olahraga tradisional kurang populer. Mengingat, generasi anak sekarang sudah terjebak oleh budaya asing.

Baca Juga :  Ribuan Masyarakat Atambua Larut dalam GPN

“Pembangunan olahraga bukan hanya yang bertujuan untuk prestasi, tapi semua jenis olahraga rekreasi juga patut diviralkan virus positifnya,” tandas Isnanta yang disambut dengan 100 tembakan kembang api ke udara.

Sementara itu Kadispora Provinsi Jambi, Wahyudin dalam laporannya mengatakan Jambi siap menggelar Festival Olahraga Tradisional dan Liga Santri regional dengan baik dan sepenuh hati. Sekretariat Daerah (Sekda) Jambi M Dianto yang mewakili Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Menpora Imam Nahrawi yang telah memberikan kepercayaan kepada Jambi menghelat Festival Olahraraga Tradisional dan Liga Santri regional Kota Jambi.(kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!