Ini Cara Perbasasi Seleksi Timnas

Pengurus Perbasasi dan pemain bisbol Indonesia. foto: kumaidi sumeks.co.id

JAKARTA – Pengurus Besar Perserikatan Bisbol Sofbol Seluruh Indonesia (PB Perbasasi) terus mematangkan tim yang akan diterjunkan di Asian Games XVIII/2018. Mereka menggelar test event internal untuk mengerucutkan atlet menuju Asian Games 2018 pada 18 Agistus-2 September nanti. Ada empat tim yang akan bertarung di ajang yang dilaksnakaan di Stadion Sofbol Bisbol Senayan, Jakarta, pada 1-5 Mei.

Empat tim itu adalah Tim Jatayu yang berisi pemain Timnas U-18, Komodo berisi pemain dari daerah-daerah, dan Tim Harimau serta  Badak merupakan 48 pemain timnas yang dipisah jadi dua tim.

“Turnamen ini menjadi media bagi PB Perbasasi untuk mencari 24 atlet terbaik untuk Asian Games 2018. Di Asian Games nanti, kami butuh 24 atlet, 1 commisioner, 1 manajer, 4 pelatih, dan 1 orang untuk recovery,” ungkap Wakil Ketua PB Perbasasi Leo Agus Cahyono kepada media peserta workshop bisbol-sofbol di Stadion Bisbol Sofbol Senayan, Jakarta, Senin (30/4).

Dijelaskannya, setelah mendapatkan 24 atlet terbaik PB Perbasasi akan mematangkan mereka. Pada 22 Juni nanti mereka akan dikirim ke Hongkong untuk terjun di turnamen. Ada delapan negara terbaik di olahraga ini ambil bagian. Misal, Jepang, China
Taipei, China, Filipina, Hongkong, Korea, Pakistan, dan Indonesia.

“Indonesia berada di Pool A bersama Jepang, Hongkong, dan China. Turnamen ini untuk mengukur perkembangan sebagai program lanjutan setelah tiga bulan atlet ditempa di Lampung,” ucapnya.

Baca Juga :  Awas!!! Korut Sukses Luncurkan Rudal Hwasong-14

Ketua PB Perbasasi Andhika Yudhistira Monoarfa menjelaskan, seluruh mata dunia akan tertuju pada pertandingan bisbol di Asian Games nanti. Sebab, semua kompetisi profesional bisbol berhenti selama Asian Games. Artinya, pertandingan bisbol nanti akan jadi tontonan wajib bagi penggila olahraga mirip kasti ini. Apalagi pertandingan disiarkan live. Karena itu, dia berharap atlet Indonesia bisa memberikan prestasi terbaik di Asian Games 2018 nanti. Bagusnya lapangan bisbol sofbol yang dimiliki PB Perbasasi di Kompleks GBK Senayan bisa menjadi motivasi tersendiri bagi atlet.

“Saya bangga dan kita memang harus bangga memiliki lapangan bisbol dan sofbol terbaik di Asia Tenggara dan terbaik kelima di Asia,” pungkasnya. (kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!