Ini Daerah Jokowi-Ma’ruf Berpeluang Kalah

Jokowi dan Ibu Negara Iriana. foto: AFP

MANADO – Jelang pilpres, peta politik dan analisis dari pengamat politik terus bermunculan. Termasuk pengamat politik lokal di basis pasangan capres.

Pengamat politik asal Sulut Dr Maxi Egeten mengatakan, pasangan Jokowi-Ma’aruf Amin berpeluang kalah di beberapa daerah yang menjadi basis lawan politik di Pilpres 2019. Misalnya di Sumatera Utara.

“Ya, contohnya seperti Sumatera Utara dengan jumlah pemilih sekitar 9 juta. Itu sangat berpengaruh juga bagi Jokowi-Ma’aruf, jika kehilangan suara. Kan di sana ada Edy Rahmayadi yang memang diusung PAN, PKS, Gerindra dan Hanura. Jadi peluang untuk memberi dukungan pada Jokowi minim. Dan akan lebih dominan ke Prabowo. Karena melihat siapa orang di belakang mereka. Ya, sistem balas budi tetap berlaku dalam hukum politik,” urainya seperti diberitakan Manado Post (Jawa Pos Group).

Namun menurutnya, Jokowi bisa menutupi kehilangan suara tersebut dengan menguatkan beberapa kota dan provinsi besar di Indonesia.

Antara lain di Makassar yang gubernurnya menjadi bagian dari PDIP. Serta tentu Sulawesi Utara (Sulut), yang walaupun tidak terlalu banyak pemilih, namun akan sangat menguntungkan Jokowi-Ma’aruf.

“Kan ada juga kader Demokrat yang telah menyatakan sikap mendukung Jokowi. Ini bisa menjadi peluang bagi Jokowi untuk menutupi beberapa suara yang lari. Namun, semua menurut saya, tergantung siapa tim pemenang di daerah. Walaupun koalisi raksasa, namun jika tidak bekerja maksimal, maka sangat juga berpeluang kalah,” tandasnya. (MP)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!