Ini Desa Sangat Tertinggal di Empat Lawang

Kantor Bupati Empat Lawang. foto: dok sumeks.co.id

TEBING TINGGI – Beberapa desa di Kabupaten Empat Lawang masih ada yang masuk kategori desa sangat tertinggal. Status tersebut dikeluarkan langsung dari pemerintah pusat.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Empat Lawang, Bambang Irawan melalui Kabid Pemdes Agusman Mulyadi, mengatakan, status desa sangat tertinggal itu dikeluarkan dari pemerintah pusat bukan dari DPMDP3A.

“Berdasarkan data inilah berpengaruhnya besaran dana desa yang diterima desa masing-masing,” kata Agusman, Selasa (17/4).

Lanjutnya, belakangan ini banyak kades yang mengeluh kenapa dana desa tahun ini mengalami penurunan, padahal menurut mereka dana desa mengalami kenaikan.

“Besar kecilnya dana desa sesuai status tersebut. Ada tiga kategori status itu, yakni berkembang, tertinggal dan sangat tertinggal,” jelasnya.

Di Kabupaten Empat Lawang ada empat kecamatan yang masuk dalam kategori desa sangat tertinggal. Di Kecamatan Tebing Tinggi di Desa Ujung Alih, Lubuk Gelanggang, dan dan Desa Sugiwaras.

Kemudian di Kecamatan Talang Padang, ada Desa Karang Are, Canggu dan Remantai. Lalu di Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker), Desa Lawang Agung dan Muara Aman.

Terakhir di Kecamatan Ulu Musi, Desa Air Kelinsar, Talang Bengkulu, Kunduran, Lubuk Puding Lama dan Batu Bidung. (eno)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!