Ini Jumlah Bantuan Gempa Lombok dari Komunitas Palembang

Komunitas penghimpun dana gempa Lombok di Palembang. foto: rendi kurniawan sumeks.co.id

PALEMBANG – Bencana gempa bumi Lombok, 29 Juli menyisakan duka yang sangat mendalam bagi seluruh korban. Seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Bahkan negara luar pun, coba berpartisipasi dalam meringankan bencana yang menelan ratusan korban tersebut.

Tidak terkecuali dari gabungan para komunitas dan organisasi di Palembang. Kemarin (8/9), gabungan komunitas bersatu membentuk penggalangan bernama “Bantu Lombok
Untuk Bangkit”.

Total ada sekitar 13 komunitas dan organisasi yang tergabung. Diantaranya Forkom BEM/Dema PTAI Sumsel, Madani Sumsel, IPNU Kota Palembang, IPPNU Kota Palembang, UKMK LPTQ& D, BEM STIT-Mu OKU Timur, HIMSI, LSC (Libary Sience Comunity), HPI, Komunitas Sedulur Jowo, Travelingyuk.com, Palembang Sekilan, dan Komunitas Insta Berbagi.

“Jadi sebenarnya, ini adalah aksi spontan dari teman-teman yang tergerak karena rasa kemanusiaan. Di sini kami dari mulai tanggal 13 Aagustus sampai puncaknya 1 September, turun untuk menumpulkan donasi-donasi,” terang Agus Tanjung, koordinator Bantu Lombok Untuk Bangkit, kemarin (8/9).

Dia bercerita, pihaknya bersyukur. Dari sepanjang kegiatan penggalangan dana kemanusiaan mulai dari turun ke jalan-jalan, pasar-pasar, kampus, hingga kegiatan penggalaangan doa bersama di Pedestrian Sudirman Walk selalu mendapat respon positif. Bahkan, donasi yang disupport juga Dinsos Kota Palembang, Dinas Pariwisata Kota Palembang, terkumpul mencapai total Rp23.960.000.

“Isya Allah, Senin (10/9) dana yang terkumpul seluruhnya, langsung akan kami salurkan melalui transfer ke teman-teman di Lombok. Kita sudah koordinasi dengan salah satu Ikatan Nahdatul Ulama, dan relawan lain di Relling Center Lombok,” tambahnya.

Relawan dilombok inilahyang nanti akan bertugas menyalurkan bantuan donasi dana, yang difokuskan pada tansportasi, kebutuhan pengobatan, pakaian, konsumsi dan lainnya hingga ke posko-posko kecil di pelosok. Khususnya yang masih belum tersentuh, oleh bantuan-bantuan.

“Meski sudah terkumpul, kami pun saat ini masih membuka posko penggalangan bantuan. Dengan program Selimut hangat untuk Lombok. Jadi, kami masih sangat terbuka menerima bantuan khususnya barang seperti selimut, atau pun uang,” terangnya.

Sementara itu, Nyimas Arlani, anggota koordinator dan juga perwakilan dari Dinas Pariwisata Kota Palembang, menyampaikan terima kasih sangat besar pada seluruh donatur yang telah menyisihkan sebagian harta pada korban di Lombok. Dia berharap, sebagian bantuan ini akan bermanfaat besar untuk korban-korban bencana di sana.

“Untuk para donatur, kami berdoa, harta yang disisihkan akan menjadi ladang amal dan pahala nantinya. Aamiin,” pungkasnya. (cj11)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!