Ini Lingkup Kebudayaan

Festival Kesenian Daerah Muratara. foto: zulkarnain sumeks.co.id

RUPIT – Pemerintah Kabupaten Muratara jalin kerja sama dengan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat, menggarap pelestarian kebudayaan lokal.

Perwakilan BPNB Sumatera Barat, Maryeti, mengatakan, lembaga tempatnya bekerja merupakan UPD dari Kementerian Kebudayaan yang membawahi wilayah Bengkulu, Sumatera Barat, Jambi dan Sumatera Selatan. ‎Pihaknya secara khusus menggelar festival seni dan budaya di Muratara, untuk kembali menghidupkan nilai budaya yang berkembang di Muratara.

Menurutnya, Budaya bukan hanya sebatas musik, tari, dan lagu daerah. Namun budaya memiliki artian yang sangat luas, baik itu tutur kata, peradaban, kosa kata, perilaku sehari-hari serta adat istiadat yang berlaku di setiap satu wilayah.

“Budaya sering dipandang sebelah mata, tugas kami melestarikan budaya. Salah satunya melalui festival seni tradisi seperti yang kami selenggarakan di Kabupaten Muratara,” kata Maryeti, Selasa (22/8).

Dikatakannya, perlu dilakukan eksplorasi budaya dengan konsep kesenian yang diusung dari masyarakat. Sehingga masyarakat dapat mengenali budayanya sendiri. Pihaknya mengakui, jika saat ini minat generasi muda dalam melestarikan budaya masih sangat minim dan lebih cendrung mengenali budaya luar ketimbang budaya sendiri.‎

“Kita tidak bisa menyalahkan generasi muda, karena kita tidak mengenakan kepada mereka sehingga‎ mereka lebih mengenali budaya luar yang masuk ke wilayah kita,” ujarnya. (cj13)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!