Ini Penyebut Gangguan Kesehatan Jiwa

Ilustrasi.
Ilustrasi.

PALEMBANG – Dinas Kesehatan Kota Palembang menyebut jika gangguan kesehatan jiwa di Palembang, secara umum disebabkan oleh sejumlah faktor. Diantara yang utama ialah pola makan dan gaya hidup modern. Ritme kerja yang serba cepat, ditambah tekanan, serta pola makan yang tidak teratur itu akan memperparah, tak hanya kondisi fisik melainkan mental.

Kendati demikian, di Kota Palembang kasus ini menurun secara signifikan pada tahun 2016 dimana dari 8.455 kasus di tahun sebelumnya, menjadi 1.505 kasus baru. Beberapa diantara kasus tersebut bahkan didominasi oleh pengguna narkoba yang saat ini telah merasuk ke sendi-sendi kehidupanbermasyarakat.

Plt Kepala Dinkes Kota Palembang Letizia melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Fauziah mengatakan, angka ini didapat dari jumlah kunjungan kesehatan jiwa di RS Ernaldi Bahar Palembang.

“Karena itulah, keluarga dan orang terdekat harus mengenali penyebabnya. Bahkan,  kita sendiri pun harus tahu kondisi mental dan pikiran yang tengah dihadapi,” kata Fauziah. (aja)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!