Ini Resep Berpuasa Sehat Ala Kadinkes

Ilustrasi.

RUPIT – Berpuasa dapat memberikan beragam manfaat positif bagi aktivitas organ vital di dalam tubuh. Bahkan dengan melakukan puasa, fungsi ketahanan dan daya tahan tubuh lebih meningkat.

Namun, Dinas Kesehatan Kabupaten Muratara, mengimbau agar masyarakat mewaspadai tiga penyakit khusus seperti hipertensi, diabetes serta kolesterol. Penanganan ketiga penyakit ini kerap meningkat selama Ramadan.

“Jika konsumsinya tidak sehat dan berlebihan, tiga penyakit serius ini yang bakal menyerang tubuh kita. Jangan berbuka puasa dengan cara berlebihan, jika tidak ingin mendapat tiga penyakit serius ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Muratara Dr Mahendra, Ahad (27/5).

Dia menegaskan, pola konsumsi yang tidak sehat, kerap dilakukan masyarakat secara berlebihan saat menikmati santap sahur maupun berbuka puasa. Konsumsi gula secara berlebihan, makanan berlemak, mengandung santan, makanan siap saji, makanan mengandung pengawet, sangat cepat bereaksi untuk perkembangan penyakit di dalam tubuh manusia. ‎

“Secara medis, ibadah puasa memang melepaskan dan mengurangi risiko terhadap beragam serangan penyakit yang rutin mendera organ tubuh manusia. Namun, konsumsi selepas puasa yang dijalankan masyarakat secara berlebihan, dapat menimbulkan dampak sebaliknya,” ucapnya.

Untuk saat ini, hipertensi masih menjadi penyakit tidak menular dan penyebab kematian tertinggi di wilayah Kabupaten Muratara. Dia mengimbau selama Ramadan, agar masyarakat memperbanyak mengonsumsi buah-buahan mengandung air.

Baca Juga :  Hijaukan Sekolah dengan Tanaman

“Di buah-buahan itu terdapat vitamin, glukosa, serat serta air. Disarankan lebih mengkonsumsi buah, supaya terhindar dari dehidrasi,” tutupnya. (cj13)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!